Sukses

Iming-Iming Kerja di RS Bikin Gadis Palembang Nekat Kirim Foto Bugil

Modus lowongan pekerjaan dengan syarat mengirimkan foto bugil terjadi di Kota Palembang Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Penipuan yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan kini kembali terjadi di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Bukan modus mendapat uang saja, tapi pelaku mengiming-imingi korban dengan syarat mengirimkan foto bugil.

Modus penipuan ini dilakukan Wahyudi (35), warga Jalan Mayor Zen Lorong Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni Palembang. Pelaku awalnya berkenalan dengan korban, JM, yang merupakan lulusan Akademi Perawatan (Akper) di Kota Palembang.

Pelaku mengaku sebagai karyawan di salah satu bank badan usaha milik negara (BUMN). Wahyudi juga mengiming-imingi pekerjaan di rumah sakit tanpa tes ke korban karena pelaku mengaku mengenal dekat dengan pemilik rumah sakit di Palembang.

Modus yang dilakukan untuk meyakinkan korban, yaitu dengan berpura-pura menghubungkan JM dengan pemilik rumah sakit.

“Saya bilang kalau pemilik RS sedang sibuk dan langsung berkomunikasi dengan staf RS untuk masuk kerja tanpa tes,” ucapnya, saat diinterogasi di Polda Sumsel, Sabtu (7/12/2019).

Dari obrolan di aplikasi pesan instan WhatsApp, korban langsung diterima kerja tanpa syarat apapun. Namun, ada satu syarat yang harus dipenuhi korban, dengan modus untuk meyakinkan staf RS di Palembang bahwa korban adalah perempuan.

Buktinya yakni dengan mengirimkan foto tanpa busananya ke staf pemilik RS tersebut melalui aplikasi WhatsApp. Jika sudah terkirim, staff pemilik RS tersebut baru percaya jika korban benar-benar perempuan.

Agar tidak ketahuan, pelaku ini sengaja hanya berkomunikasi melalui pesan instan saja. Dia menolak jika berkomunikasi via telepon atau video call.

“Saya memang sengaja melalui chatting saja, karena baik jadi pemilik RS hingga staf RS semuanya saya yang berperan,” katanya.

Tidak hanya meminta foto bugil saja, pelaku juga memberi syarat kedua, yaitu pembayaran administrasi sebesar Rp500 ribu yang harus dibayar korban.

Pembayaran tersebut dilakukan secara langsung, dengan modus ada petugas RS yang akan datang menemui korban. Lagi-lagi, warga Kecamatan Kalidoni Palembang ini berperan mengambil uang tersebut ke korban.

 Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancam Sebar Foto

Karena tak kunjung mendapat kabar baik, JM akhirnya mulai curiga dengan gelagat pelaku. Korban lalu mengancam akan melaporkannya ke aparat kepolisian dengan modus penipuan.

“Karena diancam, saya balik mengancam dia dengan modal foto bugilnya akan saya sebarkan. Jadi dia ketakutan dan tidak lagi mengancam saya,” ungkapnya.

Ternyata, Wahyudi memanfaatkan momen ini untuk memeras korban. Beberapa kali, pelaku meminta uang ke korban, dengan ancaman akan menyebarkan foto bugilnya ke internet.

Karena tak tahan dengan ancaman pelaku, JM akhirnya memberanikan diri melaporkan penipuan dan pengancaman tersebut ke Polda Sumsel.

Direktur Reskrimsus Polda Sumsel Zulkarnain melalui Kasubdit V Siber Kompol Adhi Setyawan mengungkapkan,dari laporan korban, dilakukan penyelidikan dan melacak keberadaan tersangka.

"Dari pengakuan pelaku, tidak hanya satu korbannya namun cukup banyak. Ada banyak bukti foto-foto bugil korban lainnya di telepon genggam pelaku yang kami sita,” ujarnya.

Subdit V Siber Polda Sumsel kembali menghimbau kepada seluruh warga Sumsel, untuk berhati-hati dengan modus penipuan lowongan kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.