Sukses

Mencicipi 5 Makanan Unik Cilegon

Bagi kamu pecinta kuliner, mungkin ketika kamu menyambangi daerah Cilegon, kamu perlu menikmati beberapa rekomendasi kuliner khas daerah ini.

Liputan6.com, Cilegon - Ketika berkunjung ke suatu daerah, kuliner biasanya selalu menjadi buruan para pendatang. Kuliner yang dicari biasanya yang harganya relatif terjangkau, rasanya pun tidak kalah lezat dengan ragam hidangan yang bertengger di restoran bintang lima.

Nah, kali ini ada lima rekomendasi kuliner di Kota Cilegon yang bisa kamu coba. Simak, yuk!

1. Rabeg

Warga Cilegon pasti sudah sangat familiar dengan kuliner legendaris. Kuahnya yang kental dan gurih serta daging kambing yang lembut akan membuat siapa pun yang menyantapnya menjadi ketagihan.

Saking lezatnya, banyak pembeli dari luar kota yang sengaja datang hanya sekadar untuk mencicipi nasi uduk rabeg dengan rempah-rempah khas yang memanjakan lidah.

Kamu bisa mengunjungi Warung Rabeg & Pindang Mang Sam berlokasi di Jl. Arga Raya Blok E1 No. 10, Kotasari, Grogol, Kotasari, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Banten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pecak Bandeng

Bandeng disajikan tanpa duri. Bandeng yang sudah dicabuti durinya kemudian dibumbui dengan bumbu khusus lalu dibakar di atas arang yang panas. Yang menjadi istimewa dari makanan ini adalah sambel yang dicambur langsung dengan ikan bandeng yang telah dibakar.

Agar lebih nikmat, pecak bandeng biasanya disajikan dengan menggunakan sayur asem dan lalapan.

Kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Saung Bambu berlokasi di Jalan Lingkar Cigiceh, Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

3 dari 5 halaman

3. Nasi Gonjleng

Kuliner ini bila dilihat sekilas sangat mirip dengan nasi kebuli, hanya saja menu gonjleng biasanya disajikan dengan daging sapi atau kambing, sambal goreng, kerupuk emping, dan acar.

Kamu bisa mengunjungi tempatnya di Jl. RA. Kartini, Jombang Wetan, Kota Cilegon, Sebelum Hotel Cilegon.

4 dari 5 halaman

4. Ayam Bekakak

Kuliner khas Cilegon ini tidak jauh berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Yang membedakan hanya resep bumbunya.

Bumbu yang digunakan adalah khas Cilegon dengan rasa tentu jauh berbeda dari ayam bekakak daerah lain, terdapat rasa pedas dan manis.

Kalau dulu disajikan pada acara selamatan atau pernikahan, kini ayam bekakak sudah sangat ditemukan di warung-warung di sepanjang jalan Kota Cilegon.

5 dari 5 halaman

5. Sate Bebek

Kuliner ini sama dengan sate pada umumnya hanya saja bumbunya yang khas membuatnya berbeda cita rasanya.

Kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Sate Asmawi Cilegon di Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

Demikian 5 rekomendasi makanan khas Cilegon, menggiurkan bukan? Makanan mana yang akan kamu nikmati terlebih dahulu.

 

Akhmad Mundzirul Awwal/PNJ.

 

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.