Jelang Akhir Tahun, Pertamina Tambah Pasokan LPG dan BBM hingga 4 Kali Lipat

Oleh Jayadi Supriadin pada 07 Des 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 07 Des 2019, 10:00 WIB
Sales Brand Manager Pertamina Wilayah III Jawa Barat, Arthur Kemal Pamungkas , tengah memberikan penjelasan di depan wartawan, mengenai rencana penambahan pasokan LPG dan BBM menjelang natal dan tahun baru di Priangan Timur
Perbesar
Sales Brand Manager Pertamina Wilayah III Jawa Barat, Arthur Kemal Pamungkas, tengah memberikan penjelasan di depan wartawan, mengenai rencana penambahan pasokan LPG dan BBM menjelang natal dan tahun baru di Priangan Timur (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Menjelang datangnya momen Natal dan pergantian tahun, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan LPG (liquefied petroleum gas) dan bahan bakar minyak (BBM) untuk Garut dan wilayah Priangan Timur, Jawa Barat lainnya, aman.

Perusahaan energi pelat merah itu, memastikan bakal menyuntikkan pasokan kedua jenis kebutuhan energi warga itu, hingga empat kali lipat.

Sales Brand Manager Pertamina Wilayah III Jawa Barat, Arthur Kemal Pamungkas mengatakan, mengantisipasi tingginya lonjakan permintaan LPG dan BBM menghadapi dua momen besar nasional, pihaknya bakal menambah pasokan hingga ke setiap agen dan pangkalan.

"Bakal ada yang turun memantau, satgas (satuan tugas) sudah dibentuk," ujar dia di kantor Hiswana Migas, Garut, Jumat (6/12/2019).

Menurut Arthur, sebagai salah satu daerah tujuan wisata di wilayah Priangan Timur, kebutuhan energi masyarakat Garut, selalu mengalami lonjakan signifikan.  

"Makanya Pertamina menjamin suplai BBM, LPG termasuk LPG subsidi dan produk Pertamina sehingga tidak terjadi kelangkaan," katanya.

Untuk LPG 3 kilogram bersubsidi, ujar dia, Pertamina bakal melakukan penambahan pasokan hingga 400 persen atau empat kali lipat, dari jumlah biasanya sebanyak 1,3 juta tabung.

"Jika ada yang terjadi kekosongan langsung koordinasi dengan Hiswana," pinta dia.

Sementara untuk pasokan BBM, Pertamina bakal menyediakan berbagai sarana dan prasarana termasuk fasilitas lain di jalur utama perjalanan warga menuju tempat wisata.

"Seperti ke Kamojang, Cipanas, serta jalur penghubung selatan Nagrek dan sekitarnya," ujarnya.

Untuk memastikan pasokan BBM di Garut, Pertamina juga bakal mengoptimalkan pasokan dari fuel terminal Ujung Berung, Padalarang, dan Tasikmalaya.

 

 

2 dari 2 halaman

Pembentukan Satgas

Didamping Pengruus Hiswana Migas Garut, Sales Brand Manager Pertamina Wilayah III Jawa Barat, Arthur Kemal Pamungkas,memberikan penjelasan di depan wartawan, mengenai rencana penambahan pasokan LPG dan BBM menjelang natal dan tahun baru di Priangan Timur
Perbesar
Didamping Pengruus Hiswana Migas Garut, Sales Brand Manager Pertamina Wilayah III Jawa Barat, Arthur Kemal Pamungkas,memberikan penjelasan di depan wartawan, mengenai rencana penambahan pasokan LPG dan BBM menjelang natal dan tahun baru di Priangan Timur (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Untuk memastikan lancarnya pasokan LPG dan BBM ke masyarakat, Hiswana Migas Garut bakal segera menurunkan anggota satuan tugas (Satgas) ke lapangan.

"Pembentukan Tim Satgas ini dilakukan agar kami bisa melayani konsumen dengan baik pada puncak pelaksanaan Natal dan Tahun baru di Garut," ujar juru bicara Hiswana-Migas Kabupaten Garut, Evi Alvian Hartaz.

Menurut dia, datangnya momen Natal dan Tahun Baru, membutuhkan pasokan energi yang cukup tinggi dari Pertamina, sehingga dibutuhkan upaya antisipasi sejak dini.

"Peningkatan juga diperkirakan terjadi di sektor horeka (hotel, restoran, dan kafe) karena sebagian masyarakat melakukan liburan akhir tahun," ujarnya.

Pihaknya mengingatkan, bagi kalangan ekonomi atas serta sektor industri, agar menggunakan LPG non subsidi, dengan kualitas lebih baik seperti Bright Gas berukuran 5,5 kg dan 12 kg.

"Termasuk gas Elpiji tabung biru 12 kilogram, dan 50 kilogram," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓