Sukses

Beroperasi 15 Desember 2019, Tol Jakarta Cikampek II Bakal Urai Kemacetan Musim Libur Tahun Baru

Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated segera diresmikan pada 15 Desember.

Liputan6.com, Bandung - Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated segera diresmikan pada 15 Desember. Untuk memastikan kesiapan pengoperasian tol layang ini, Polda Jawa Barat meninjau langsung kondisi jalan yang dibangun PT Jasa Marga selaku pihak yang membangun tol.

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi menggunakan sepeda mengecek langsung proyek nasional yang dikerjakan Kementerian PUPR itu pada Jumat (6/12/2019) pagi.

Tak lama lagi, Tol Japek II akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan para pemudik jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Konstruksinya selesai pada Oktober 2019, uji kelayakan November 2019 dan rencananya proyek tersebut bakal siap beroperasi per 15 Desember 2019," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko.

Bakal dibukanya Jalan Tol Japek II untuk umum pada 15 Desember 2019, diharapkan dapat meminimalisasi kemacetan yang bisa terjadi saat libur akhir tahun.

"Jalan tol layang ini sendiri membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat atau sepanjang 36 kilometer," ujarnya.

Dengan demikian, Trunoyudo mengharapkan jalan layang tersebut bisa mengurai kepadatan yang kerap terjadi sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Jalan tol ini nantinya berfungsi memisahkan lajur kolektor atau Jakarta-Bekasi-Cikarang dan jalur jauh atau Jakarta-Cirebon-Bandung-Semarang," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, dalam rangka libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, tol layang Jakarta-Cikampek akan digratiskan.

Tol layang yang akan diresmikan pada pekan ke-2 Desember bakal langsung digratiskan hingga Nataru berlangsung.

"Japek (Jakarta-Cikampek) Elevated akan diresmikan minggu ke-2 Desember, rencananya gratis sampai Nataru nanti," ujarnya saat Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.