Sukses

Baru 2 Pekan Diresmikan, Atap dan Kubah Masjid di Rembang Runtuh

Bangunan yang runtuh berupa atap utama masjid yang berbentuk limasan dengan ukuran sekitar 10x20 meter dan kubah masjid.

Liputan6.com, Rembang - Tanpa ada tanda-tanda, mendadak atap dan kubah Masjid Jami' Baitul Mamur yang terletak di Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah runtuh. Beruntung pada saat runtuhnya bangunan ini tidak ada para jemaah di bawahnya.

Adanya peristiwa ini, Kapolsek Sedan, Iptu Rochmad menjelaskan, warga ataupun ta'mir masjid tidak ada yang mengetahui secara persis kronologi awal insiden kejadian runtuhnya atap bangunan.

"Saat takmir masjid hendak masuk masjid tiba-tiba sudah diketahui atap dalam kondisi hancur dan runtuh di bawah," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (3/12/2019).

Bangunan yang runtuh berupa atap utama masjid yang berbentuk limasan dengan ukuran sekitar 10x20 meter dan kubah masjid.

Bangunan atap masjid sendiri terbuat dari balok cor dan sebetulnya juga sudah ditopang dengan kayu jati.

 

Rochmad salah seorang warga setempat mengungkapkan, bangunan masjid itu baru saja diresmikan sekitar dua pekan lalu. Tepatnya, kata dia, pertengahan bulan November 2019 kemarin.

"Pembangunan masjid baru diresmikan dua minggu, pada pertengahan bulan November 2019. Bangunan masjid yang runtuh adalah bangunan baru," paparnya.

Atas insiden itu, kerusakan bangunan masjid ditaksir mencapai Rp 250 juta. Diduga kuat, runtuhnya bangunan akibat tidak kuatnya balok cor penopang atap limasan.

"Runtuhnya bangunan indikasi tidak kuatnya balok cor yang menopang atap limasan atau kubah masjid sehingga atap runtuh," Ucap Rochmad.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.