Lolos Seleksi Administrasi, Pelamar CPNS Kota Cirebon Ujian Serentak Satu Lokasi

Oleh Panji Prayitno pada 05 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 05 Des 2019, 14:14 WIB
Masuk Seleksi Administrasi, Berapa Jumlah Pelamar CPNS di Kota Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Pendaftaran CPNS Kota Cirebon resmi ditutup pada 26 November 2019. Panitia seleksi di tingkat daerah tengah melakukan proses seleksi administratif.

Jika pendaftar tidak memenuhi syarat pendaftaran, maka akan gugur secara otomatis Kabid Administrasi Kepegawaian ASN Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon Sri Lakhsmi Stanyawati mengatakan, proses seleksi administrasi dilakukan oleh panitia di tingkat daerah.

"Ini karena kita nyeberang tahun jadi untuk tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) pada tahun depan sekitar bulan Januari sampai Maret," kata dia saat dihubungi, Selasa (3/12/2019).

Sri mengatakan, jumlah pendaftar CPNS di Kota Cirebon saat ini mencapai 9.094. Sementara kuota formasi yang dibutuhkan CPNS Kota Cirebon 218 formasi.

Jumlah tersebut dianggap masih kurang karena setiap tahunnya sebanyak 250 ASN pensiun. Namun demikian, kata dia, Pemkot Cirebon menghormati keputusan Kemenpan RB terkait jumlah kuota yang diberikan.

"Seleksi administrasi kan kami targetkan sampai tanggal 16 Desember kalau ada yang gugur berarti jumlah pendaftar berkurang otomatis," kata dia.

Berdasarkan data yang dihimpun, dari jumlah pendaftar yang sudah mendaftar melalui online dan melakukan submit. Pendaftar tenaga pendidikan mencapai 48,27 persen atau 4.390 dari jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 103.

Untuk tenaga kesehatan tercatat mencapai 16,47 persen atau 1.498 dari jumlah 47 formasi. Sementara untuk tenaga teknis atau umum 35,25 persen atau 3.206 dari jumlah 68 formasi yang dibutuhkan.

"Ini kami koordinasi terus ya mas terutama persiapan tes yang nyebrang ke tahun 2020," kata dia di Cirebon.

2 of 2

Lokasi Tes

Masuk Seleksi Administrasi, Berapa Jumlah Pelamar CPNS di Kota Cirebon
Suasana kerja PNS di Kota Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Sementara itu, Sri Lakhsmi mengatakan, terkait teknis pelaksanaan tes CPNS seperti tahun lalu. Dilakukan di satu tempat dan digunakan secara bergantian oleh pemda di wilayah Pantura Jawa Barat.

Dia mengatakan, Pemda wilayah Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka tengah berkoordinasi mengusulkan tempat. Dipastikan, lokasi tes berada di lokasi yang tidak jauh dari Kota Cirebon.

"Jika lokasi sudah ditentukan kami usul ke BKN kemudian mereka yang memutuskan. Termasuk bagaimana teknis kesiapannya juga," kata dia.

Oleh karena itu, dia meminta agar pelamar tetap memantau situs BKN agar mendapat informasi terbaru mengenai jadwal tes khususnya di Cirebon.

"Terutama saya memastikan persyaratan yang diupload semua lengkap sesuai ketentuan," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by