Tanggul Jebol, Satu Pekerja Tenggelam di Lokasi Galian Tambang Pasir

Oleh Huyogo Simbolon pada 03 Des 2019, 01:00 WIB
Diperbarui 04 Des 2019, 16:14 WIB
Pekerja tenggelam

Liputan6.com, Bandung - Saeful (40), warga Cimanggu, Desa Tititas, Kecamatan Cimangkok, Kabupaten Sukabumi, tertimbun galian pasir. Pekerja tambang pada bagian produksi pengaturan gas mesin pinton itu tak bisa menyelamatkan diri saat tanggul di area penggalian pasir jebol.

Berdasarkan keterangan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung, kabar Saeful tertimbun galian pasir di Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur pada Senin (2/12/2019) pukul 15.45 WIB. Informasi tersebut dilaporkan Kepala Desa Cikahuripan.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, kejadian terjadi pada pukul 12.30 WIB. Korban merupakan seorang pekerja tambang," kata Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah.

Setelah menerima laporan, Deden melanjutkan, pihaknya menerjunkan satu tim rescue pada 16.00 WIB dengan estimasi tim tiba di lapangan pada 19.00 WIB.

Adapun kronologis kejadian yang dihimpun di lapangan, yaitu berawal dari enam orang pekerja bagian produksi sedang melakukan pekerjaan di galian tambang pasir lahan PT Triadi yang dikelola oleh Habib Fuad dan H Muhammad Gora.

"Tanggul mengalami jebol di area penggalian pasir. Lima orang rekan korban berhasil menyelamatkan diri naik ke atas dan satu lainnya, yaitu Saeful yang berada di paling bawah galian bersama mesin pinton dan juga satu unit beko Kobelco tertimbun longsoran lumpur," ujar Deden.

Hingga berita ini diturunkan, korban masih dalam pencarian tim SAR.

"Adapun alat yang digunakan yaitu satu unit rescue compartment, peralatan SAR air, peralatan ekstrikasi, satu set peralatan Alkon, satu set peralatan medis dan satu set peralatan komunikasi," ucap Deden.

Simak video pilihan di bawah ini:

Live Streaming

Powered by