Sukses

Serahkan Jabatan, Ketua KPK Terpilih Titip Pesan kepada Kapolda Baru Sumsel

Irjen Pol Priyo Widyanto resmi menjabat sebagai Kapolda Sumsel baru dan disambut meriah di Polda Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Usai terpilihnya sebagai Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) beberapa bulan lalu, Komjen Pol Firli resmi melepaskan jabatannya sebagai Kapolda Sumsel. Jabatan kepolisian tertinggi di Provinsi Sumsel ini, diserahkan ke Irjen Pol Priyo Widyanto.

Irjen Pol Priyo Widyanto sendiri sebelumnya menjabat menjadi Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). Dia resmi dilantik sebagai Kapolda Sumsel pada hari Selasa (19/11/2019) di Gedung Bareskrim Jakarta.

Sedangkan, Komjen Pol Firli sementara menjabat sebagai Kabaharkam Polri, sebelum resmi dilantik sebagai pimpinan KPK pada tanggal 20 Desember 2019 mendatang.

Pada hari Senin (25/11/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB, Kapolda Sumsel terpilih bersama Komjen Pol Firli mendatangi Polda Sumsel, untuk mengikuti tradisi penyambutan pejabat baru.

Kedatangan Irjen Pol Priyo Widyanto juga disambut oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Sumsel Kapolrestabes dan Kapolres se-Sumsel. Acara penyambutan diramaikan dengan Tari Tanggai, Tari Sekapur Sirih, Tradisi Pedang Pora dan pengalungan bunga.

Komjen Pol Firli mengatakan, jika Kapolda Sumsel terpilih merupakan seniornya di Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1988. Sebelum menjabat sebagai Kapolda Kaltim, Irjen Pol Priyo Widyanto pernah didapuk menjadi Kapolda Jambi.

"Saya yakin Irjen Pol Priyo Widyanto akan membawa Sumsel menjadi lebih baik, menjaga sinergitas TNI Polri bersama masyarakat, serta menyukseskan pembangunan Nasional di Sumsel," katanya.

Selama menjabat sebagai Kapolda Sumsel, zero konflik masih tetap terjaga. Namun, dia mengingatkan kepada Kapolda Sumsel baru ini, agar lebih memperhatikan dengan serius masalah peredaran narkoba yang masif di Sumsel.

Terlebih, selama lima bulan menjabat sebagai Kapolda Sumsel, Ketua KPK terpilih ini sudah banyak menangani kasus narkoba. Pengungkapan kasus narkoba yang tinggi di Sumsel, agar suplay ke para pecandu narkoba bisa segera terhenti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan Investor Sumsel

Dia juga yakin jika Kapolda Sumsel baru, dapat menyukseskan program pembangunan nasional di Sumsel. Serta dapat melakukan pengamanan terhadap para investor yang datang ke Sumsel.

"Dengan adanya investor yang datang, dapat membuka lapangan kerja yang lebar. Sehingga mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya lapangan perkerjaan ini, angka kemiskinan dan pengangguran di Sumsel juga akan turun. Dia juga yakin Kapolda Sumsel yang baru dapat melakukan pengamanan terhadap para investor tersebut.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto merasa senang bisa memimpin Sumsel kedepan. Dia juga berharap bantuan dan dukungan semua elemen khususnya semua lapisan masyarakat di Sumsel.

"Terimakasih sambutannya saya juga meminta bantuannya,"ucapnya singkat.

Jabatan sebelumnya sebagai Kapolda Kaltim, akhirnya diserahkan secara resmi ke Irjen Pol Muktiono. Kapolda Kaltim baru ini, sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.