Aksi Konyol Pencuri, Angkut Hasil Curian Naik Angkot Sampai Bergaya ala Ninja

Oleh Nefri Inge pada 24 Nov 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 24 Nov 2019, 05:00 WIB
Aksi Nekat Pencuri di Palembang, Gunakan Angkot Hingga Pakai Penutup Ninja
Perbesar
ARK ditangkap usai membobol rumah warga Palembang dan mengangkut barang curiannya dengan mobil angkot Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Ragam cara dilakukan pencuri di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) untuk beraksi. Ada kawanan pembobol rumah yang menggunakan angkutan kota (angkot) untuk mengangkut barang curiannya, hingga pencuri berpenutup kepala ala ninja.

Kasus pencurian yang menggunakan angkot Palembang terjadi pada hari Kamis (17/10/2019) malam. Dua pelaku yaitu ARK (26), warga Kecamatan Ilir Timur II Palembang bersama Acen yang menjadi buron lantaran membobol rumah korban di Perumahan Pesona Indah di Kelurahan Sei Selincah Kecamatan Kalidoni Palembang Sumsel.

Kapolsek Kalidoni Palembang, AKP Irene mengatakan, kedua tersangka membobol rumah yang lama ditinggalkan pemiliknya dengan merusak kunci pintu. Lalu, kedua pelaku dengan cepat mencuri barang elektronik di dalam rumah.

"Kedua tersangka membawa kabur televisi, mesin cuci, kipas angin, dan tabung gas dari dalam rumah korban. Mereka pakai angkot jurusan Lemabang-Ampera untuk mengangkut barang curiannya ke rumah salah satu tersangka," ujarnya, Sabtu (23/11/2019).

Korban pun melaporkan aksi pencurian ini ke Polsek Kalidoni Palembang. ARK langsung ditangkap anggota kepolisian, saat sedang menjadi juru parkir di Jalan RE Martadinata Palembang, Rabu (20/11/2019).

Saat ini ARK dan barang bukti telah diamankan di Polsek Kalidoni Palembang guna proses hukum lebih lanjut. Tersangka pun dijerat Pasal 363 KUHP, sedangkan satu tersangka lainnya masih dalam pengejaran.

Tersangka ARK mengungkapkan, aksi pencurian di Palembang tersebut dilakukannya setelah dirinya diajak Acen menggunakan mobil angkot. Mereka meusak pintu rumah korban menggunakan obeng.

2 dari 2 halaman

Pencuri Ala Ninja

Aksi Nekat Pencuri di Palembang, Gunakan Angkot Hingga Pakai Penutup Ninja
Perbesar
FA, pencuri ala ninja diamankan di tempat kerjanya di Pasar Tradisional 16 Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Acen yang masuk ke dalam rumah, sedangkan saya berperan mengawasi situasi di luar rumah korban. Semua barang curian dibawa pakai angkot. Baru televisi yang dijual dan saya dapat bagian Rp200.000," katanya.

Kasus lainnya yang berhasil diungkap Polsek Kalidoni Palembang yaitu pencurian dengan menggunakan topeng bak ninja. FA (27) diciduk aparat kepolisian usai membobol rumah Lina Marlina, di Jalan Mayor Zen Kecamatan Kalidoni, pada hari Kamis, 26 September 2019 lalu.

Karyawan toko elektronik di Jalan Tengkuruk Permai Pasar Tradisional 16 Palembang yang ditangkap pada hari Jumat (15/11/2019), nekat mencuri di rumah korban dengan menggunakan penutup kepala bak ninja.

"Saya kepergok pemilik rumah. Karena kaget, saya spontan memukul korban pakai linggis hingga pingsan. Anak korban langsung berteriak maling, saya kembali pukul anaknya pakai linggis," kata tersangka FA.

Setelah pemilik rumah dan anaknya pingsan, FA langsung mengambil ponsel korban di dalam rumah. Dia sengaja menggunakan sarung untuk menutup muka seperti ninja.

Ternyata dia sudah hampir seminggu mengintai rumah korban, untuk melakukan pencurian. Karena rumah korban dan rumah tersangka hanya berjarak sekitar 30 meter.

Untuk barang bukti baju, celana dan sarung yang digunakannya saat beraksi, sudah dibakarnya di kawasan Talang Keramat Palembang.

"Telepon genggam yang saya curi sudah dijual seharga rp 600.000. Uangnya saya gunakan untuk kebutuhan sehari-sehari, bukan untuk membeli sabu walaupun saya pemakai narkoba,” ujarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓