Dua Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang di Kabupaten Agam

Oleh Novia Harlina pada 21 Nov 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 23 Nov 2019, 11:14 WIB
Dua Rumah Hanyut Diterjang Banjir di Agam

Liputan6.com, Agam - Dua unit rumah hanyut diterjang banjir bandang di Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada pada Rabu (20/11) malam akibat hujan deras yang mengguyur sejak sore.

"Selain dua rumah yang hanyut juga terdapat tujuh rumah serta satu bangunan masjid diterjang banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi AR dihubungi dari Padang.

Arus air bah berasal dari Bukit Tinjau. Lutfi mengatakan BPBD Agam langsung turun ke lokasi dan melakukan evakuasi terhadap korban terdampak banjir bandang.

Saat ini para korban mengungsi ke rumah kerabatnya yang lebih aman dari banjir bandang yang materialnya bercampur lumpur.

"Hingga pagi ini kami masih melakukan pendataan dengan cara mengerahkan tim reaksi cepat dan Satgas BPBD Agam," katanya.

Sementara untuk kerugian sedang didata oleh pemerintah nagari dan organisasi perangkat daerah terkait.

Lutfi juga mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara membersihkan saluran air untuk mengurangi potensi banjir. "Warga juga diminta mengungsi ke daerah yang lebih aman saat curah hujan tinggi," tambahnya.

 

Simak video pilihan berikut ini: