Sukses

Sirkuit di Musi Banyuasin Bakal Gelar Dua Turnamen Balap Tingkat Asia

Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel siap menjadi tuan rumah dua event balap pada bulan November-Desember 2019.

Liputan6.com, Palembang - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali ditunjuk menjadi lokasi event olahraga tingkat internasional. Setelah event MXGP Internasional di Palembang, kini perhelatan olahraga balap akan digelar di Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel.

Event balap kelas Internasional bernuansa alam akan digelar di Sirkuit Sky Land di Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel. Akan ada dua event yang digelar yaitu Muba Asia Auto Gymkhana Cup 2019 dan Muba International Supermoto Cup 2019.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel, Muhammad Fariz mengatakan, dua event tersebut siap digelar di sirkuit yang memiliki luas 27 hektare tersebut.

"Event Muba Asia Auto Gymkhana Cup 2019 akan digelar tanggal 30 November hingga 1 Desember 2019. Untuk Muba International Supermoto Cup 2019 dihelat tanggal 7-8 Desember 2019. Dua even ini pelaksanaan hanya berselang sepekan, tapi kami pastikan sirkuit ini siap untuk dipergunakan," katanya, Kamis (14/11/2019).

Meskipun masih dalam masa pengerjaan bangunan sirkuit dan sarana prasarananya, namun dia memastikan seluruhnya akan rampung sebelum pelaksanaan event dimulai. Targetnya pada tanggal 23-25 November 2019 nanti sudah selesai dikerjakan.

Saat ini, progres pembangunan sirkuit dan sarana prasarana sudah mencapai 90 persen. Dispora Kabupaten Musi Banyuasin menggandeng Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Musi Banyuasin untuk mengebut pengerjaan sirkuit ini.

"Ada sejumlah bagian dari sirkuit yang ditambah dan perbaiki. Kita mengadopsi desain sirkuit dari Jepang. Selama ini di Indonesia belum ada sirkuit permanen, namun dengan dukungan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, sirkuit ini dapat berkembang," ucapnya.

Banyak fasilitas yang disiapkan, mulai dari tribun penonton, sarana dan prasarana pendukung hingga tidak membebankan penonton untuk bayar tiket masuk. Di sirkuit ini menjadi satu-satunya wahana olahraga balap sepeda motor yang bisa tidak diberlakukan tiket masuk alias gratis.

Untuk event Muba Asia Auto Gymkhana Cup 2019, saat ini sudah terkonfirmasi enam negara yang akan hadir.

Sedangkan, event Muba International Supermoto Cup 2019, sudah ada tujuh negara yang sudah terkonfirmasi hadir di Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel. Diantaranya, Indonesia, Malaysia, Australia, Philiphina, Singapura, Taiwan dan Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Sport Tourism

"Kami mengimbau agar masyarakat bisa ramai-ramai datang dan menyaksikan even ini. Karena ada banyak hadiah menarik untuk para penonton. Bahkan, ada juga mantan pembalap tingkat nasional Chandra Alim," ujarnya.

Dengan adanya dua event internasional ini, Fariz yakin bisa meningkatkan minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel. Bahkan target sport tourism di tingkat nasional maupun internasional sedang menjadi acuan mereka.

Pimpinan Lomba (COC) dari Ikatan Motor Indonesia Fito Siagian mengungkapkan, sirkuit di Sky Land ini mengadopsi sirkuit balap yang sebenarnya. Apalagi sirkuit di Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel ini, menjadi venue pertama di Indonesia yang permanen. Dan juga memiliki batasan panjang dan lebar yang berstandar Internasional.

"Ini konsep baru, khususnya untuk Muba Asia Auto Gymkhana Cup 2019 karena pertama di Indonesia. Memang perlu hal-hal baru terus untuk menggelar even besar," ucapnya.

Menurut James Sanger, salah satu peserta Muba Asia Auto Gymkhana Cup 2019, target yang diembannya adalah juara emas dan mempertahankan juara seperti pada even-even sebelumnya.

"Saya sering mengajar dan berlatih, saya optimis nanti akan bisa raih juara emas. Saya ingin melestarikan emas untuk Indonesia," terang dia.

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin menuturkan, pembangunan sarana dan prasarana sirkuit akan segera dituntaskan, sehingga memberikan kenyamanan bagi peserta maupun penonton.

Bahkan, untuk akses jalan menuju lokasi sirkuit, Dodi Reza akan berkomunikasi dengan perusahaan yang berada di lokasi sekitar sirkuit, untuk membantu perbaikan akses jalan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba juga akan menganggarkan dana darurat dari APBD Musi Banyuasin untuk perbaikan jalan tersebut.

Dodi menegaskan, sirkuit di Sky Land Kabupaten Musi Banyuasin adalah sirkuit permanen yang menjadi aset berharga, karena dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan di Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel.

"Dalam penyelenggaraan event-event yang ada, kami dari pemerintah daerah pun membebaskan biaya tiket masuk. Sehingga kegiatan di sini dapat dinikmati masyarakat Musi Banyuasin dan Sumsel pada umumnya," ujarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.