Ulah Nekat Kusir Delman di Tengah Hujan Deras Berujung Petaka

Oleh Jayadi Supriadin pada 14 Nov 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 16 Nov 2019, 11:13 WIB
Sambaran petir saat hujan deras yang disertai angin kencang mampu menewaskan seorang tukang kusir delman saat mencari rumput

Liputan6.com, Garut - Hujan deras yang membasahi Garut, Jawa Barat petang kemarin, mengakhiri hidup Firman (35), seorang kusir delman asal Kampung Sindangwangi, Desa Karangpawitan, Karangpawitan, Garut.

Sambaran petir yang terbilang cepat, menewaskan sang kusir, saat ia tengah menyambit rumput di sekitar Kampung Cibuluh, Desa Cimurah di tengah hujan deras yang membasahi kota Intan.

"Korban tetap mencari rumput yang menyebabkan korban tersambar petir," ujar Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, upaya korban menyambit rumput saat hujan deras terbilang berani, saat ketiga saksi lainnya memilih berteduh, justru korban malah menyambit rumput.

"Korban telah meninggal dunia saat perjalanan ke Puskesmas dan sekarang sudah berada di rumah duka untuk dimakamkan," kata dia.

Setelah menerima informasi musibah tersebut, ia bersama pejabat lainnya di lingkungan Kecamatan Karangpawitan langsung mendatangi tempat kejadian perkara, untuk membawa korban ke Puskesmas.

 

 

2 of 2

Pohon Beringin Kompleks Pemda Garut Tumbang

Sapuan angin kencang, mampu merobohkan satu pohon beringin besar yang berada di kompleks perkantoran Pemda Garut
Sapuan angin kencang, mampu merobohkan satu pohon beringin besar yang berada di kompleks perkantoran Pemda Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriyadin)

Selain sambaran petir yang mengakhiri Firman, tukang delman, hujan deras disertai angin kencang petang tadi, mampu merobohkan pohon beringin berukuran besar, yang berdiri kokoh di tengah taman Kompleks Perkantoran Pemkab Garut.

Bagian atas ruang kerja Wakil Bupati Garut, menjadi rusak terkena limpahan reruntuhan pohon beringin yang tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

"Kebetulan saya tengah berada di dalam kantor saat pohon tumbang," ujar Yogi, salah satu saksi mata yang berada di gedung Perkantoran Pemda Garut.

Menurutnya, kejadian itu berlagsung sekitar pukul 15.15 WIB saat hujan deras membasahi kota Garut. Saat itu, sapuan angin yang terbilang kencang, mampu merobohkan pohon yang diperkirakan berumur puluhan tahun itu.

"Awalnya mendengar suara gemuruh dan hujan deras dan angin, kemudian suara keras dari tumbangnya pohon beringin itu," ujar Soleh, salah seorang warga sekitar.

Saat itu, ia yang tengah melintas perkantoran Pemda Garut, dikejutkan dengan tumbangnya salah satu pohon tua di lingkungan Sekretariat Pemda Garut tersebut.  

"Mungkin pohonnya juga sudah tidak kuat menahan beban," kata dia.

Untuk membersihkan bagian pohon yang menimpa bangunan, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup telah memotong ranting pohon dan beberapa bagian batang pohon beringin tersebut.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓