Sukses

Angin Kencang Melanda Tulungagung, Satu Bangunan Madrasah Porak-poranda

ngin kencang yang melanda Tulungagung, Jawa Timur, memporak-porandakan sebuah bangunan madrasah.

Liputan6.com, Tulungagung - Angin kencang yang melanda Tulungagung, Jawa Timur, memporak-porandakan sebuah bangunan madrasah. Tembok Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Pakel itu runtuh menimpa ruang kelas yang ada di bawahnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 14.00 WIB tersebut.

Namun ambruknya tembok bangunan kelas lantai tiga yang sedang dibangun menyebabkan bangunan ruang kelas 3 yang ada di bawahnya rusak berat.

"Bangunan lantai tiga ini sedang dikerjakan. Pekerja proses pemasangan bata ringan. Namun karena teknik pemasangannya tidak bagus, tembok ini ambrol saat terjadi angin kencang," kata Kabid Logistik dan Kebencanaan BPBD Kabupaten Tulungagung, Nursono, seperti dikutip Antara.

Akibat angin kencang itu dilaporkan sekitar 300 buah genteng bangunan porak poranda. Rangka reng untuk atapnya berantakan, plafon kelas juga jebol. Beruntung saat angin menerpa sudah tidak ada aktivitas belajar-mengajar, hanya menyisakan sejumlah guru di ruang kantor sekolah.

Akibat kerusakan ini, aktivitas belajar-mengajar di MI Al Falah yang berlokasi di Dusun Joho, Desa Ngebong, Kecamatan Pakel tersebut diperkirakan bakal terganggu.

"Tapi sepertinya bisa diatasi dengan memindahkan sementara ruang belajar-mengajar siswa kelas ini (3) ke ruangan lain," ucap Nursono. Pasca kejadian, guru dan pekerja dibantu warga melakukan pembersihan. Nursono memastikan tidak terjadi kerusakan bangunan lain akibat angin kencang tersebut.

Saat angin kencang terjadi, cuaca di wilayah Tulungagung sempat terpantau mendung. Awan menggantung disertai angin cukup kencang. Namun hingga sore hujan yang diharapkan datang tidak terjadi. Awan bergeser, dan langit berangsur cerah menjelang sore hingga malam tiba.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.