Sukses

Janjikan Pekerjaan, Pemuda di Aceh Bawa Kabur Sepeda Motor Gadis Muda

Petugas kepolisian di Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menangkap pemuda yang menipu seorang perempuan dan membawa kabur sepeda motor korbannya.

Liputan6.com, Aceh - Petugas kepolisian di Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menangkap Kasmin (39), warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Darul Makmur, kabupaten setempat karena diduga menipu seorang perempuan dan membawa kabur sepeda motor korbannya.

"Identitas korban tindak pidana penggelapan dan penipuan tersebut bernama Dona (18) warga Desa Gunong Samarinda, Kecamatan Babah Rot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)," kata Kapolres Nagan Raya AKBP H Giyarto SIK, Selasa (12/11/2019), dilansir Antara.

Dalam kasus ini, polisi juga mengamankan satu unit sepeda motor jenis Honda Vario. "Pelaku ditangkap polisi karena diduga melakukan tipu muslihat dan berbohong, karena menjanjikan pekerjaan kepada korban dan kemudian membawa kabur sepeda motor milik korbannya," katanya.

Dalam keterangannya kepada polisi, korban Dona mengaku pelaku menawarkan pekerjaan di sebuah toko penjualan telepon seluler di kawasan Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya dengan iming-iming gaji sebesar Rp1 juta per bulan.

Untuk meyakinkan korban, Kasmin juga berusaha mendatangi orangtua korban di Kecamatan Babah Rot, Kabupaten Aceh Barat Daya untuk meminta izin agar korban bisa bekerja.

Usai meminta izin, pelaku kemudian mengajak korban ke toko telepon seluler miliknya di Kabupaten Nagan Raya sambil mengendarai sepeda motor milik korban sambil berboncengan.

Di tengah jalan, kata Kapolres, tersangka Kasmin berpura-pura menanyakan di mana keberadaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namun, korban mengaku tidak tahu, sehingga kemudian Kasmin membujuk korban agar bersedia menunggu di pinggir jalan dan meminjam sepeda motornya untuk mengambil uang.

Setelah meninggalkan korban seorang diri, Kasmin kemudian kabur dengan membawa sepeda motor korban.

Kasmin akhirnya diamankan polisi setelah korban membuat pengaduan ke Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, beserta satu unit sepeda motor milik korban. "Kasus ini masih diselidiki, sedangkan tersangka Kasmin sudah kita tahan untuk penyidikan lebih lanjut," kata Kapolres Giyarto.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.