Sensasi Mandi Pagi di Air Terjun Laliako Sinjai

Oleh Eka Hakim pada 13 Nov 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 15 Nov 2019, 01:13 WIB
Pesona air terjun laliako di Kabupaten Sinjai, Sulsel (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Sinjai Bagi mereka yang senang dengan dunia traveling, kini di Kabupaten Sinjai hadir sebuah objek wisata alam seru. Namanya air terjun Laliako.

Air terjun yang terletak di Dusun Tonrong, Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai itu kini sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, A Mandasini mengatakan objek wisata air terjun Laliako merupakan hasil pengembangan masyarakat dan Pemerintah Desa Terasa.

"Air terjun Laliako sudah menjadi program inovasi desa sebagai bagian dari pengembangan desa wisata di Sinjai. Alhamdulillah sudah terbuka untuk umum," kata Mandasini.

Ia berharap dengan dibukanya air terjun Laliako untuk umum, tak hanya meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Terasa, melainkan harapan terbesar, objek wisata yang baru ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sinjai secara luas.

"Jadi ke depannya, kita akan terus lakukan pembenahan. Baik dari segi infrastruktur jalan menuju lokasi hingga pemberdayaan masyarakat setempat bagaimana mereka bisa ikut andil dalam melestarikan objek wisata air terjun Laliako hingga juga berdampak positif pada peningkatan taraf hidup mereka," ungkap Mandasini.

Mahmud, salah seorang warga Kabupaten Sinjai mengapresiasi kerjasama yang baik antara masyarakat dan Pemerintah Desa Terasa yang mampu terbuka dalam melakukan inovasi pengembangan potensi yang dimiliki daerahnya itu. Salah satunya keberadaan air terjun Laliako yang dimaksud.

"Saya pernah bersama teman jalan-jalan ke sana rekreasi. Tempatnya sangat asri dan keunikan bebatuan besar yang ada di sekitar lokasi membuat suasana air terjun Laliako cukup asyik jadi objek berswafoto," tutur Mahmud.

Meski demikian, ia berharap kepada pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan selama berada di lokasi air terjun Laliako. Selain sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan, juga air terjun Laliako masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai sumber kebutuhan sehari-hari di antaranya untuk kebutuhan air minum dan mandi.

"Yang saya tahu sejak dari dulu, masyarakat memanfaatkan air terjun Laliako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan juga air minum. Airnya segar dan sangat jernih," terang Mahmud.

 

2 of 2

Letak Air Terjun Laliako

Panorama alam air terjun laliako yang menakjubkan (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Panorama alam air terjun laliako yang menakjubkan (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Bagi mereka yang tinggal di Kota Makassar dan hendak berkunjung ke lokasi air terjun Laliako yang tepatnya terletak di Dusun Tonrong, Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari Kota Makassar menuju Desa Terasa diperkirakan jarak tempuhnya mencapai 132 kilometer. Sementara mereka yang tinggal di Kota Kabupaten Sinjai hendak ke Desa Terasa, cukup hanya menempuh jarak sekitar 80 kilometer.

"Ayo buruan ke sini rasakan kesejukannya," Mahmud menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓