Sukses

Rektor Pertama UGM Resmi Bergelar Pahlawan Nasional

Dia adalah Sardjito, Rektor pertama UGM itu merupakan sosok budayawan, pendidik dan negarawan yang berperan besar dalam dunia kesehatan pada masa penjajahan.

Yogyakarta - Rektor pertama Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr M Sardjito MPH, resmi dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, pada Jumat (8/11/2019). Sardjito merupakan sosok budayawan, pendidik dan negarawan yang berperan besar dalam dunia kesehatan pada masa penjajahan.

Ilmuwan kelahiran Magetan, 13 Agustus 1889 itu diusulkan untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional sejak 2012 silam oleh pihak UGM. Barulah tahun Sardjito secara resmi mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional. 

"Tahun 2011 tim mulai, kemudian Juli 2012 sudah ada surat pengusulan. Sardjito juga sebagai peletak Pancasila sebagai dasar perguruan tinggi di Indonesia. Beliau sebagai pendiri PMI dan banyak meneliti obat-obatan bagi rakyat maupun pejuang kemerdekaan," kata Sutaryo, salah satu anggota tim pengusul, seperti di kutip KRJogja.com, Jumat (8/11/2019).

Terpisah, Rektor UGM, Panut Mulyon, mengaku sangat bangga atas gelah Pahlawan nasional yang diberikan kepada Sardjito. Ia pun berharap Sardjito bisa menjadi teladan bagi masyarakat dan sivitas UGM khususnya dalam mengabdikan ilmu pengetahuan.

"Semoga kita dapat meneladani semangat dan ketulusan almarhum dalam berjuang bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Mudah-mudahan teladan Prof Sardjito bisa merasuk kita secara utuh dalam mengamalkan ilmu yang dimiliki," ucapnya. 

Sementara salah satu keluarga Sardjito, Budhi Santoso, mengaku sangat berterima kasih kepada tim yang telah memperjuangkan Sardjito untuk menjadi Pahlawan Nasional. "Ini anugerah istimewa bagi keluarga. Atas nama keluarga kami mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah memperjuangkan pemberian gelar tersebut," ungkap Budhi.

Baca juga berita menarik lainnya di KRJogja.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.