Eksotika Pagi Air Terjun Kali Jodoh Pinrang, Mampu Manjakan Para Jomblo

Oleh Eka Hakim pada 09 Nov 2019, 06:00 WIB
Panorama alam air terjun kali jodoh di Kabupaten Pinrang, Sulsel dijamin bisa memanjakan para jomlo (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Pinrang - Daripada pusing tak tahu mau kemana mengisi hari liburan pekan ini, khususnya mereka yang lagi jomnlo, tak ada salahnya manfaatkan liburan jalan-jalan ke Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Di daerah yang potensial di sektor pertanian itu, menawarkan banyak destinasi wisata yang cukup menakjubkan. Salah satunya tentang keindahan alam air terjun Kali Jodoh yang letaknya di Dusun Paweleang, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang.

"Keindahan panorama alamnya masih sangat alami ditambah lagi dengan suara aliran sungainya yang menenangkan jiwa," kata Fadilah (28), warga Kota Makassar yang mengaku sering berkunjung ke air terjun Kali Jodoh di Kabupaten Pinrang itu, Kamis (7/11/2019).

Bagi mereka yang jomlo, canda Fadilah, sangat cocok bertandang ke air terjun tersebut. Selain bisa menghapus kebosanan dan kepenatan. Kali-kali aja sebaliknya dari air terjun Kali Jodoh, jodohnya juga ketemu.

"Mitosnya gitu sih. Tapi yang pastinya dijamin rasa penat dan bosan sirna ketika berada di air terjun Kali Jodoh. Alamnya sangat memanjakan kita," ucap Fadilah.

Tak hanya alam hijau dan gemercik suara air terjun yang dapat membawa suasana damai bagi pengunjungnya, keunikan batu karst yang berada di sekitar lokasi air terjun Kali Jodoh juga sangat cocok menjadi objek berswafoto bagi mereka yang ingin mengabadikan momen selama berada di sana.

"Ayo kawan segera datang ke air terjun Kali Jodoh. Dijamin bakal senang dan merasa damai. Air terjunnya cukup populer loh di kenal tak hanya oleh masyarakat Kabupaten Pinrang, turis mancanegara pun sudah banyak yang berkunjung ke sana," Fadilah menandaskan.

 

2 of 2

Mitos Bertemu Jodoh

Sejuknya air terjun kali jodoh di Kabupaten Pinrang, Sulsel (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Sejuknya air terjun kali jodoh di Kabupaten Pinrang, Sulsel (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Mende, Pengelola air terjun Kali Jodoh di Kabupaten Pinrang menceritakan mitos tentang air terjun yang mempunyai empat sumber air tepat berada pada daerah yang luasnya sekitar 2 Ha tersebut.

Nama Kali Jodoh, kata dia diambil berdasarkan dongeng yang berkembang di zaman dahulu. Di mana sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga alias berjodoh setelah berkunjung ke air terjun Kali Jodoh.

Di sela-sela menikmati panorama alam serta sejuknya air terjun Kali Jodoh, pasangan muda-mudi itu ceritanya tak lupa memohon doa kepada Tuhan agar kelak dipertemukan jodohnya.

"Konon pasangan muda-mudi itu kemudian berjodoh dan berhasil membina rumah tangga dengan baik. Jadi cerita mitosnya begitu yang saya tahu," jelas Mende.

Ia tak menampik cerita mitos tersebut tak hanya dipercaya oleh masyarakat setempat, bahkan ada juga turis mancanegara yang turut mencoba mengambil hikmah dari mitos air terjun Kali Jodoh yang berkembang sejak zaman dahulu itu.

"Banyak turis malah langsung berendam di bawah air terjun Kali Jodoh sembari memanjatkan doa kepada Tuhan sesuai hajatnya. Yah mereka mungkin sekedar mencoba-coba tak ada salahnya juga," Mende menceritakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓