Sukses

Musim Hujan Tiba, BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi di Jabar

BMKG mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi di seluruh wilayah Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi di seluruh wilayah Jawa Barat. Hal ini mengingat wilayah Jabar umumnya berada di musim hujan sejak awal November ini.

"Ya, awal November sudah musim hujan di Jawa Barat," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kelas 1 Bandung Tony Agus Wijaya via pesan singkatnya, Senin (4/11/2019).

Seiring kondisi tersebut, BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan curah hujan bulanan dan prakiraan musim hujan 2019/2020. Pertama, musim hujan 2019/2020 terdapat peristiwa gangguan cuaca skala global berupa La Nina lemah dari November 2019 hingga Maret 2020. Namun kondisi tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap penambahan curah hujan berdasarkan data terkini pada pertengahan September 2019.

Lanjut Tony, perlu kesiapsiagaan saat puncak musim hujan pada Desember mendatang dan terjadi peningkatan curah hujan kembali di rentang Februari-Maret 2020.

Sebagai upaya menghadapi peningkatan curah hujan tersebut, Tony mengingatkan pemerintah melalui BPBD daerah agar mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi.

"Perlu kesiapsiagaan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, genangan, banjir bandang dan gerakan tanah (longsor) terutama pada saat awal awal memasuki musim hujan dan pada puncak musim hujan," tegasnya.

Tony mengatakan, di Jawa Barat terdapat 38 pola hujan, dengan rincian 36 zona musim dan 2 non zona musim. Adapun sifat hujan terdiri dari tiga kriteria. Yaitu atas normal, normal dan bawah normal.

Sepanjang November, sifat hujan atas normal diprakirakan terjadi di Bogor bagian barat dan utara, Depok bagian timur, Sukabumi bagian tengah, Cianjur utara bagian barat, Bekasi utara, Karawang utara, sebagian kecil Purwakarta bagian tengah, Bandung barat bagian utara dan selatan.

Untuk sifat hujan normal, diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Sedangkan sifat hujan bawah normal diprakirakan terjadi di Bogor selatan bagian barat, Sukabumi utara bagian barat, timur bagian tengah, Kota Bekasi tengah bagian selatan, Karawang tengah, Purwakarta tengah, Cianjur tengah, Bandung tengah dan selatan, Subang selatan, Indramayu selatan, Sumedang barat bagian utara, timur bagian selatan, Garut bagian selatan, Tasikmalaya barat bagian tengah.

Kota Tasikmalaya bagian selatan, Pangandaran barat bagian selatan, Ciamis timur bagian utara, Kuningan tengah, Majalengka utara, serta Cirebon barat dan timur.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.