Sukses

Akhir Drama Karyawan Pertamina Gadungan, Tipu Warga hingga Puluhan Juta

Kepolisian Resor Tuban, Jawa Timur, berhasil menangkap pegawai Pertamina gadungan bernama Eko Budiono, warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Tuban - Kepolisian Resor Tuban, Jawa Timur, berhasil menangkap pegawai Pertamina gadungan bernama Eko Budiono, warga asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Saat ditangkap, dari tampilannya sungguh meyakinkan. Memakai seragam lengkap dengan ID Card karyawan Pertamina. Bicaranya pun piawai, lancar, dan kadang-kadang juga menggunakan bahasa asing yang dicampur-campur bahasa Indonesia. 

Keahlian menyamar ini digunakannya untuk melakukan penipuan perekrutan karyawan Pertamina dengan meminta sejumlah uang. 

"Masyarakat jangan percaya dengan janji-janji yang begini," kata Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono kepada Liputan6.com, Rabu (30/10/2019).

Kapolres mengungkapkan, ada lima orang dari Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban yang telah menjadi korbannya. Salah satunya adalah siswa yang baru lulus SMK.

"Sementara pelakunya baru satu, akan kami kembangkan," ucapnya.

Kapolres menjelaskan, masing-masing korban ditarik uang Rp5 juta oleh pelaku dan dijanjikan bakal bekerja di Pertamina. "Jadi pelaku mendapatkan uang dari korban warga Tuban Rp25 juta," katanya.

Atas penipuan ini, pihak polres Tuban menjerat pelaku dengan Pasal 378 dan 372 dengan ancaman 4 tahun penjara.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.