Gelombang Pasang Menerjang Ratusan Rumah di Sikka NTT

Oleh Liputan6.com pada 30 Okt 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 14:13 WIB
Cuaca Ekstrem Tenggelamkan Kapal di Perairan Maluku, 14 Tewas

Liputan6.com, Sikka - Gelompang pasang menerjang permukiman penduduk di pesisir pantai selatan, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tercatat, sebanyak 119 rumah terkena dampaknya.

"Petugas sudah kembali dari lapangan. Dari hasil pendataan, tercatat 119 rumah penduduk yang terkena dampak dari gelombang pasang," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, Valens Sili Tupen, seperti dikutip Antara, Rabu (30/10/2019).

Valens Tupen mengatakan, rumah-rumah penduduk yang terdampak gelompang pasang ini tersebar di lima desa yang ada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Doreng dan Kecamatan Lela.

Menurut dia, Desa Nenbura yang ada di Kecamatan Doreng terdapat 17 rumah penduduk yang terkena dampak gelombang pasang.

Sementara Desa Sikka dan Desa Watu Tedang masih-masing terdapat 40 rumah, Desa Hepang sebanyak 19 rumah dan Desa Du tiga rumah penduduk.

Selain rumah penduduk, tanggul sepanjang sekitar 100 meter ikut jebol, serta jalan yang menghubungkan Desa Hepang menuju Desa Korowuwu terputus karena tanggul penahan gelombang jebol.

Khusus untuk jalan yang terputus, dia mengatakan, sedang berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk segera mencarikan solusi di lapangan.

Paling tidak, kata dia, harus segera dibangun jalan alternatif agar akses antardesa di wilayah itu dapat segera pulih.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓