Djarot Saiful Hidayat Bertekad Promosikan Ulos ke Dunia Internasional

Oleh Reza Efendi pada 28 Okt 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Okt 2019, 16:28 WIB
Djarot Saiful Hidayat dan istri, Happy Farida

Liputan6.com, Medan - Djarot Saiful Hidayat dan istri, Happy Farida, terpikat dengan kain ulos. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bertekad mempromosikan kain khas adat Batak tersebut tidak hanya di nasional, tetapi juga internasional.

Djarot yang sat ini berstatus sebagai anggota DPR RI dari Dapil Sumut III mengatakan, istrinya, Happy, memiliki banyak teman desainer di Jakarta. Happy juga aktif di Dekranas atau Dewan Kerajinan Nasional.

“Ada keinginan yang kuat untuk perkenalkan lebih lagi tentang ulos ini. Boleh juga saya pikir, istri saya jadi duta ulos,” kata Djarot, Senin (28/10/2019).

Menurut Djarot, ulos bisa populer seperti batik hingga ke luar negeri. Sehingga nantinya bisa meningkatkan income (pendapatan) daerah serta mendongkrak harga jual ulos yang diketahui proses pembuatannya tidak mudah.

“Batik sudah familiar dan sudah terkenal. Nah, bagaimana ulos ini bisa menjadi familiar dan bisa diterima di Indonesia dan luar negeri. Ini tekad saya,” ujarnya.

Happy menambahkan, dengan sentuhan-sentuhan para desainer profesional, ulos bisa menjadi lebih menarik dan modern, dan diharapkan tidak hanya masyarakat Batak saja yang menggunakannya, juga masyarakat Indonesia dan warga negara asing.

“Saya berharap agar seluruh warga Indonesia juga cintai ulos,” ucapnya.

Happy menilai, potensi ulos sangat besar untuk menembus pasar internasional. Dari pengamatannya, warga negara asing sangat menghargai karya seni. Sebab, ulos bukan sekadar kain, tetapi memiliki unsur estetika.

“Membuat kain ulos itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Membuatnya juga dari hati dan memiliki nilai etnis,” sebutnya.

Diungkapkan Happy, dengan sentuhan desainer professional, nantinya diharapkan ulos dapat lebih berkembang dan modern tanpa menghilangkan ciri khasnya. Kemudian dipromosikan dan dapat dikenal lebih luas lagi.

“Itu rencana kita ke depan,” ungkapnya.

Saat berada di Medan, Djarot dan Istri pun menyempatkan diri datang ke Galery Ulos Sianipar milik Robert M.T Sianipar yang berada di Jalan AR Hakim, Gang Pendidikan Medan. Disana Djarot dan Istrinya membeli baju yang bermotif ulos serta kain ulos.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓