Rentetan Bencana Alam di Langkat, dari Banjir hingga Puting Beliung

Oleh Liputan6.com pada 27 Okt 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 14 Nov 2019, 08:33 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Langkat - Tiga rumah warga yang berada di Dusun 2 Desa Sendang Rejo Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, rusak akibat angin puting beliung yang melanda kawasan itu.

Menurut Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat Irwan Sahri, di Stabat, peristiwa angin puting beliung itu terjadi Sabtu, 26 Oktober 2019, sekitar pukul 23.30 WIB, saat hujan deras melanda kawasan itu.

Adapun tiga rumah warga yang mengalami kerusakan yaitu milik Joko Susanto, Supeno dan Juremi, dari mulai kerusakan ringan, sedang, dan berat.

Irwan mengatakan, pihaknya sudah langsung memberikan bantuan kepada para korban angin puting beliung dan melakukan pendataan terhadap kerugian warga. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa angin puting beliung itu," katanya, dilansir Antara, Minggu (27/10/2019)

Sementara di Kelurahan Bela Rakyat, Kecamatan Kuala, dilaporkan akibat curah hujan yang cukup tinggi Sabtu malam, menyebabkan air Sungai Megumit meluap sehingga terjadi longsor dan banjir di sejumlah lokasi.

"Untuk banjir yang melanda Kelurahan Bela Rakyat Kecamatan Kuala, air kini berangsur surut," kata Irwan Sahri.

Sementara, untuk tanah longsor yang menimpa badan jalan di Dusun Sukadame Desa Beruam yaitu jalan menuju Dusun Mejuah-juah, saat ini sedang diupayakan pembersihan material secara manual oleh masyarakat sambil menunggu alat berat dari PT LNK Kebun Bekiun.

2 of 2

Banjir dan Tanah Longsor

Banjir
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

"Dalam peristiwa kejadian banjir dan longsor itu tidak ada korban jiwa, namun pendataan terhadap kerugian masih terus dilakukan, " kata Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Irwan Sahri, di Stabat.

Selain itu, hujan deras di Jalan Lintas Sumatera Desa Karang Rejo Kecamatan Stabat menyebabkan pohon tumbang. Pada saat pohon tersebut tumbang, mobil tangki yang sedang melintas tertimpa.

Akibat kejadian tersebut Camat Kuala, Imanta, langsung bertindak memerintahkan jajarannya dibantu masyarakat untuk membersihkan tanah yang menutup akses jalan.

Hingga berita ini dilaporkan pekerjaan pembersihan tanah longsoran masih berlangsung di bawah kendali Camat Kuala.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓