Rekam Jejak Tito Karnavian, Kapolri Pertama yang Jadi Mendagri

Oleh Yandhi Deslatama pada 24 Okt 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2019, 19:13 WIB
Jejak Tito Karnavian di Kepolisian Banten

Liputan6.com, Serang - Tito Karnavian pensiun dini sebagai Kapolri, karena dipercaya oleh Presiden menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) periode 2019-2024. Tito disebut-sebut sebagai anggota Polri yang pertama kali menduduki kursi tersebut.

Rekam jejak Tito Karnavian dalam kepolisian terbilang cemerlang. Tito saat berpangkat AKBP pernah menjabat sebagai Polres Serang, kala itu belum ada pembagian wilayah administratif dan wilayah hukum (wilkum) seperti saat ini, yakni terdapat Kota Serang dan Kabupaten Serang, begitu pula Polresnya kini sudah ada dua wilayah, yakni Polres Serang Kota dan Polres Pandeglang.

"Pak Jenderal Tito Karnavian yang dipercaya menjadi Mendagri, itu pernah menjabat sebagai Kapolres Serang mulai 27 Mei 2005 sampai 8 Desember 2005. Jadi beliau bertugas di Serang sekitar tujuh bulan," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono, ditemui di ruangannya, Rabu (23/10/2019).

Foto-foto Kapolres Serang sejak pertama kali hingga terakhir terpampang jelas di ruang tunggu Kapolres dan Wakapolres Serang Kota. Hal ini menandakan penerus tongkat estafet kepemimpinan di Ibu Kota Banten tidak boleh melupakan sejarahnya.

Tito Karnavian saat pertama kali datang ke Polres Serang masih berpangkat AKBP, kemudian dia berhasil menangkap pelaku tindak terorisme dan naik pangkat menjadi Kombes Pol.

"Menurut informasi, beliau ketika menjabat Kapolres disini berpangkat AKBP, kemudian berhasil mengungkap penanganan terorisme kemudian mendapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi Kombes," terangnya.

 

2 of 2

Kapolri Jadi Mendagri

Jejak Tito Karnavian di Kepolisian Banten
Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Tak hanya Tito, ada nama Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, yang kini menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kapolri, pernah duduk sebagai Kapolres Serang. Dia lebih dulu menjadi Kapolres Serang dibandingkan Tito.

Ari Dono Sukmanto menjabat Kapolres Serang sejak 26 Maret 2003 hingga 27 Mei 2005. Usai Ari Dono, baru estafet kepemimpinan Kapolres dilanjutkan ke Tito Karnavian. Kedua petinggi Polri itu pernah mendiami bangunan OSVIA, sekolah pamong praja peninggalan Belanda yang masih kokoh berdiri hingga kini.

"Jadi selain Pak Tito, ada juga Pak Wakapolri yang saat ini menjabat sebagai Plt Kapolri, pernah menjadi Kapolres di Serang," jelasnya.

Edhi Cahyono berharap Tito Karnavian yang pensiun dini karena menjabat Mendagri bisa menjaga amanah dan menjalankan tugas dengan baik. Karena menurut Edhi, Tito mampu membawa Korps Bhayangkara meraih kepercayaan publik dan bisa mereformasi institusi ke arah yang lebih baik.

"Tentunya kita bangga dipilih Pak Presiden menjadi Mendagri. Menurut informasi yang saya terima, baru kali ini pimpinan Polri yang menjabat Mendagri. Mudah-mudahan beliau bisa melaksanakan amanah dan tugas dengan baik," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓