Sukses

Puluhan Hektare Lahan di Gunung Sinarlanggeng dan Cengkik Karawang Terbakar

Petugas dan relawan masih melakukan pemadaman dengan alat seadanya untuk meminimalisasi penyebaran api di dua gunung di Karawang itu.

Liputan6.com, Karawang - Seluas 50 hektare hutan di dua gunung di wilayah Karawang Selatan, terbakar. Gunung yang terbakar adalah Gunung Sinarlanggeng dan Gunung Cengkik, berlokasi di Desa Citalanggeng, KecamatanTegalwaru, Karawang. Kebakaran terjadi sejak Senin (21/10/2019) kemarin. Hingga kini kobaran api masih terlihat di sejumlah titik.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Asep Wahyu, lokasi kebakaran yang berada di dataran tinggi antara dua gunung yang berada di Karawang selatan, yaitu Gunung Cengkik dan Gunung Sirnalanggeng, sulit ditembus mobil pemadam kebakaran hingga ke titik lokasi.

"Sejak kemarin terbakar ada sekitar 50 hektare lahan yang terbakar," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Asep Wahyu, Selasa (22/10/2019).

Asep Wahyu mengatakan, petugas dan relawan masih melakukan pemadaman dengan alat seadanya untuk meminimalisasi penyebaran api.

"Petugas dan relawan juga TNI-Polri masih melakukan pemadaman api yang tersebar di sejumlah titik," katanya.

Asep belum bisa memastikan asal titik api, tetapi diduga akibat terik matahari serta kemarau panjang disertai angin kencang. Hal ini membuat api mudah membakar pepohonan di dua gunung tersebut.

Dia memastikan petugas terus siaga di lokasi untuk terus berupaya memadamkan api yang sudah menyebar ke jalan perlintasan warga. "Petugas gabungan dan relawan masih siaga memadamkan api," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.