Sukses

Alasan Kampus IAIN Langsa Menolak Rocky Gerung

Rocky Gerung batal mengisi seminar nasional yang diinisiasi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, hari ini Senin (14/10/2019). Pihak kampus menolak kehadirannya.

Liputan6.com, Aceh - Rocky Gerung dikabarkan bakal mengisi seminar nasional yang diinisiasi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Senin (14/10/2019). Alih-alih menyambut baik, pihak kampus malah menolak kehadiran sang filsuf.

Kedatangan Rocky kabarnya ditentang langsung jajaran tertinggi IAIN Langsa. Dalihnya, kehadiran pengamat politik itu bisa memancing reaksi yang meluas.

Ini lantaran pandangan-pandangan Rocky Gerung yang kerap mengundang kontroversi. Kampus pun memutuskan menolak kedatangan alumni Universitas Indonesia itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita banyak masukan dari masyarakat pro dan kontra. Sehingga takut-takut ada masyarakat yang tidak mengizinkan," kata Rektor IAIN Langsa, Basri Ibrahim, kepada Liputan6.com, Senin (14/10/2019).

Di satu sisi, Basri menyebut akan ada nuansa politis yang sarat selaku Rocky pengamat politik. Pihaknya tidak ingin terseret dalam klaim yang berimbas pada citra kampus selaku lembaga netral.

"Takut dikaitkan dengan hal-hal yang tidak kita diinginkan. Kan, kita sedang stabil. Tapi, kita tidak benarkan di dalam kampus, di luar kampus kewenangan panitia pelaksana," imbuh Basri.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Wapresma

Inisiatif mengundang Rocky selaku pemateri merupakan keputusan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) kampus tersebut. Rocky rencananya akan mengisi seminar bertajuk "Eksistensi dan Kontribusi Mahasiswa dalam Membangun Negeri."

Penulis jurnal "Feminisme versus Kearifan Lokal" itu akan ditemani seorang pemateri lain dalam seminar tersebut. Rencananya anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Fachrul Razi ikut menjadi pengisi.

Pihak panitia jauh-jauh hari telah mempersiapkan segala sesuatu demi menyambut kedatangan Rocky. Pendaftaran peserta secara berbayar telah dibuka sejak 01-25 September lalu dengan lokasi seminar di Laboratorium Terpadu IAIN Langsa.

"Kita jauh hari sudah mempersiapkan akomodasi. Karena tidak ada aula lain. Terus dari kepolisian juga tidak diizinkan," jelas Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Langsa, Ahmad Fikry, Senin (14/10/2019).

Ahmad menambahkan, selain menjadi pengisi di IAIN Langsa, pada hari yang sama, Rocky akan mengisi salah satu acara di Banda Aceh. Namun, dirinya tidak dapat memastikan apakah skedul tersebut jadi atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.