Sukses

Alhamdulillah, Hujan Perdana Turun di Maros

Dalam kondisi normal, biasanya hujan mulai turun pada September namun kini sudah Oktober baru turun.

Liputan6.com, Maros - Hujan perdana mulai turun di wilayah Kabupaten Maros khususnya di sekitar kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung.

"Hujan perdana ini cukup deras, sehingga yang sementara berkendaraan roda dua banyak yang singgah berteduh," kata salah seorang warga Kecamatan Bantimurung Muh Zainal di Kabupaten Maros, Sulsel, Minggu (13/10/2019).

Hujan yang hampir setengah jam itu menjadi berkah bagi peternak dan petani di sekitarnya yang lahannya kekurangan air akibat musim kemarau yang terbilang panjang, dilansir Antara.

Dalam kondisi normal, biasanya hujan mulai turun pada September namun kini sudah Oktober baru turun itupun tidak lama untuk menutupi kebutuhan air masyarakat setempat.

Sebelumnya, dalam dua bulan terakhir pihak BPBD Kabupaten Maros memberikan bantuan air bersih pada warga di tiga kecamatan di Maros yakni Kecamatan Lau, Maros Baru dan Bontoa.

Kasubid Logistik BPBD Maros Deswal mengatakan, setiap desa yang terdampak kekeringan mendapatkan bantuan air bersih sebanyak enam mobil tangki dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter per tangki.

Umumnya warga yang mendapatkan jatah air bersih merasa sangat terbantu dengan adanya air bersih yang disalurkan pemerintah melalui BPBD Maros.

Alasannya, dengan bantuan tersebut minimal dapat mengurangi pengeluarannya membeli air bersih rata-rata lima jerigen per hari atau Rp10 ribu, hanya untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, belum termasuk kebutuhan MCK.

Hal itu dibenarkan salah seorang warga Kecamatan Lau, Maros Muliati. Menurut dia, bantuan air bersih dari pemerintah itu sangat bermanfaat meskipun hanya sekali seminggu, karena harus bergiliran dengan desa lain.

"Tentu kami sangat bersyukur dengan bantuan air bersih dari pemerintah. Sementara hujan yang sudah turun hari ini, semoga dilanjutkan hari-hari berikutnya sehingga sawah yang butuh air tidak jadi puso," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.