Ketika Hujan Kecil Bantu Padamkan Api di Kawah Putih Ciwidey

Oleh Huyogo Simbolon pada 09 Okt 2019, 02:00 WIB
Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan

Liputan6.com, Bandung - Kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung sempat diguyur hujan dengan intensitas kecil, Selasa (8/10/2019). Meski curah hujan cukup kecil, hal itu bisa membantu petugas dalam memadamkan kobaran api yang melanda sejumlah lahan sejak Senin (7/10/2019).

"Saat ini sedang dilakukan pemadaman dan pendinginan oleh tim Damkar, menggunakan selang 350 meter. Untuk cuaca saat ini turun hujan di Kawah Putih," kata Kapolres Bandung Ajun Komisaris Besar Indra Hermawan.

Untuk diketahui, informasi tersebut berdasarkan laporan perkembangan penanganan kebakaran lahan pada pukul 14.15 WIB sore.

Indra menyebutkan, lokasi kebakaran lahan di kawasan wisata Kawah Putih, saat ini tinggal sisa asap sekitar 20 persen.

Tim gabungan juga telah membuatkan jalur aliran dan sekat bakar di titik kebakaran. Tim terdiri dari unsur TNI, Polri, Perhutani, BKSDA, BPBD, dan unsur lainnya yang berjumlah 389 orang.

"Luas yang terbakar kurang lebih 15 hektare, diperkirakan akan bertambah 5 hektare dikarenakan serasah yang tebal, lokasi yang curam dan berbatu, sulit dijangkau dan berbahaya," ujarnya.

Indra menjelaskan, penanganan kebakaran dibagi menjadi tiga titik untuk mempermudah pengamatan penyebaran api. Untuk kondisi di Pos Sunan Ibu, api sudah berhasil dipadamkan. Sedangkan, di Pos Cipanganten, api sudah terlokalisasi.

"Untuk Pos Sunan Rama sisa asap 20 persen dan dilakukan pembuatan sekat bakar serta pemadaman," katanya.

Para petugas yang berusaha memadamkan api menggunakan sejumlah peralatan manual seperti mesin rumput, gergaji mesin, cangkul, parang, dan arit.

Simak video pilihan di bawah ini: