Listrik di Wamena 100 Persen Pulih, Perekonomian Diharapkan Bangkit Lagi

Oleh Katharina Janur pada 08 Okt 2019, 10:00 WIB
Listrik di Wamena

Liputan6.com, Wamena - Setelah 14 hari melakukan perbaikan, petugas PLN akhirnya berhasil memulihkan 100 persen aliran listrik di wilayah Wamena

General Manager PLN UIWP2B, JA Ari Dartomo menyebut, saat ini terdapat 142 gardu, 180 kms Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan 336 kms Jaringan Tegangan Tinggi (JTR) telah beroperasi kembali. Perbaikan terakhir dilakukan di lokasi Hom-hom, sekitar 4 km dari pusat kota.

"Kelistrikan di Wamena telah pulih. Terima kasih untuk kerja keras para petugas di lapangan serta bantuan dari anggota TNI dan Polri atas pengamanannya," kata Ari, Selasa (8/10/2019).

Ari menambahkan, dari 21.800 pelanggan di Wamena, masih ada 1.000 pelanggan yang belum teraliri listrik, lantaran bangunan milik mereka mengalami kerusakan akibat kerusuhan Wamena.

"Perlu perbaikan bangunan terlebih dahulu sebelum kembali dinyalakan listriknya. Jika bangunan telah dinyalakan, kami siap untuk menyalakan aliran listriknya," katanya.

Day pembangkit di Wamena, kata Ari, mencapai 6,5 MW dengan beban puncak kurang lebih 4,7 MW. Jumlah ini akan meningkat seiring dengan kembali normalnya aktivitas warga usai kerusuhan Wamena.

Dengan kondisi kelistrikan yang telah pulih dan keamanan yang berangsur membaik, diharapkan roda perekonomian di Wamena dapat kembali berjalan seperti sediakala. Masyarakat di Wamena yang masih mengalami gangguan kelistrikan, dapat melapor ke Posko PLN di Jalan Yos Sudarso untuk mendapat penanganan secepatnya.

2 of 2

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓