Sukses

Polisi Selidiki Kasus Jembatan Pulau Dompak yang Terancam Ambruk

Pemeriksaan itu juga untuk memastikan apakah ada dugaan tindak pidana korupsi dalam pembangunan jembatan itu.

Liputan6.com, Riau - Polres Tanjungpinang, Polda Kepulauan Riau, tengah menyelidiki kerusakan tiang penyangga Jembatan II Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Kepala Satuan Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Alie, telah melayangkan surat panggilan kepada tujuh orang untuk dimintai keterangan terkait kerusakan itu.

"Pihak-pihak yang akan dimintai keterangan yaitu pegawai Dinas PUPR, kelompok kerja, konsultan, kontraktor, pengguna anggaran, perusahaan yang mengerjakan, dan ahli," kata Alie, Minggu (6/10/2019).

Dari semua yang dipanggil, baru dua orang yang sudah memenuhi panggilan polisi, yaitu mantan kepala Dinas PUPR dan kepala bidangnya "Sementara yang lainnya belum dapat hadir, sebab ada tugas di luar kota," ucapnya.

Ia menyebutkan, pemeriksaan itu juga untuk memastikan apakah ada dugaan tindak pidana korupsi dalam pembangunan jembatan itu. "Pembuktian harus juga disertai dasar yang jelas dulu," tegasnya dilansir Antara.

Berdasarkan hasil investigasi tim Pusat Penelitian Bangunan Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR hampir 85 persen tiang penyangga jembatan yang menghubungkan pusat kota Tanjungpinang dan Pulau Dompak itu sudah berkarat.

Hal itu membuat jembatan sepanjang 311 meter itu terancam ambruk sekaligus membahayakan keselamatan pengguna jembatan itu.

Pantauan di lapangan, sejak sekitar dua bulan yang lalu diberlakukan aturan bahwa yang boleh berlalu-lalang di jembatan itu hanya pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.