Cerita Romantis Polres Kebumen dan Kodim Kebumen pada HUT TNI

Oleh Muhamad Ridlo pada 06 Okt 2019, 05:01 WIB
Diperbarui 06 Okt 2019, 05:16 WIB
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Kurniawan menyerahkan kue ulang tahun kepada jajaran Kodim 0709 Kebumen pada HUT ke-74 TNI. (Foto: Liputan6.com/Polres KebumenMuhamad Ridlo)

Liputan6.com, Kebumen - Sabtu, 5 Oktober 2019, adalah Hari Ulang Tahun atau HUT TNI. Jajaran Kepolisian Resor Kebumen, Jawa Tengah diam-diam menyiapkan kejutan untuk Kodim 0709 Kebumen.

Pada HUT ke-74 TNI ini, tanpa pemberitahuan sebelumnya, Personel Polres Kebumen dan segenap Bhayangkari menyambangi Markas Kodim 0709. Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan langsung memimpin rombongan Polres.

Kedatangan rombongan Polres ini tentu saja cukup mengejutkan Kodim 0709. Para perwira TNI, pejabat utama Kodim Kebumen langsung menyambut rombongan yang rupanya membawa kue ulang tahun dan kado indah pada HUT TNI.

"Hari ini, tanpa persiapan, kita berikan kejutan untuk rekan-rekan TNI. Kita kado rekan-rekan TNI dengan kue ulang tahun dan tumpeng. Semoga TNI semakin jaya," ucap Rudy.

Drama romantis terjadi ketika Kapolres Kebumen AKBP Rudy menyuapi Danramil 01 Kebumen, Kapten Infanteri Anifudin pada HUT TNI.

Kapten Anifudin mewakili Komandan Kodim 0709 Letnan Kolonel (Letkol) Inf Zamril Philiang yang tengah bertugas ke Markas Kodam IV Diponegoro.

Begitu pula dengan Persit dan Bhayangkari. Ketua Bhayangkari Cabang Kebumen yang juga hadir dalam acara sinergitas itu menyuapi Persit Kartika Chandra Kirana pada HUT TNI ini.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 of 3

Melanggengkan Kerja Sama TNI-Polri

Polres menggratiskan perpanjangan SIM untuk Anggota Kodim 0709 Kebumen pada HUT ke-74 TNI, 2019. (Foto: Liputan6.com/Polres KebumenMuhamad Ridlo)
Polres menggratiskan perpanjangan SIM untuk Anggota Kodim 0709 Kebumen pada HUT ke-74 TNI, 2019. (Foto: Liputan6.com/Polres KebumenMuhamad Ridlo)

Suap menyuapi ini bukan tanpa makna. Ini adalah simbol kerja sama abadi antara kedua institusi negara ini.

"Sinergitas Polres Kebumen dan Kodim 0709 Kebumen jangan pernah putus dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kebumen," ujar Kapolres.

Tak sekadar kue ulang tahun, kado indah juga disiapkan Polres untuk Kodim 0709 Kebumen. Pada HUT TNI, kepolisian menyiapkan mobil keliling di Markas Kodim. Anggota Kodim bisa memperpanjang Surat Izin mengemudi (SIM) dengan gratis.

"Di hari ulang tahun TNI ini pula, kami berikan fasilitas perpanjangan SIM gratis untuk keluarga besar Kodim 0709 Kebumen. Semoga kegiatan ini bermanfaat," dia mengungkapkan.

Diketahui, Kodim 0709 tengah menggelar TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-106 tahun 2019 di Desa Rahayu, Kecamatan Padureso, Kebumen. Dalam TMMD ini, beragam program baik fisik dan nonfisik digelontorkan.

Kegiatan fisik utama meliputi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 673 meter, lebar 0,3 meter dan tinggi, 0,15 meter. Pembangunan talud jalan dengan volume 425 meter kubik, tinggi 1,30 meter dan lebar 30 sentimeter.

"Dengan hasil (hari ini) 190 meter kubik atau 45 persen," ucap Dandim Kebumen, Letkol Inf Zamril Philiang.

3 of 3

TMMD Reguler Kodim 0709 Kebumen

Kegiatan TMMD Reguler ke-106 Kodim 0709 Kebumen, di Desa Desa Rahayu, Kecamatan Padureso, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Kodim Kebumen/Muhamad Ridlo)
Kegiatan TMMD Reguler ke-106 Kodim 0709 Kebumen, di Desa Desa Rahayu, Kecamatan Padureso, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Kodim Kebumen/Muhamad Ridlo)

Di luar itu, ada pula pembangunan fisik tambahan. Yakni, pembangunan jembatan dengan panjang 7,10 meter, lebar 4,50 meter. Pembangunan jembatan sudah selesai 100 persen.

Kemudian, ada pula pembuatan lapangan desa dengan volume panjang 80 meter, lebar 75 meter. Dan sudah diselesaikan. Rehabilitasi Masjid Baiturrohmah, Dukuh Sijaran, Desa Rahayu dengan perkembangan 50 persen.

"Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 6 unit. Dengan hasil 60 persen," ujarnya.

Di luar kegiatan fisik, pada Sabtu (5/10/2019) ada pula kegiatan nonfisik. Di antaranya sosialisasi kesehatan melalui media pemutaran film mengenai TBC, DBF, Flu Burung, dan film hiburan dari Dinkes Kabupaten Kebumen.

Berbagai edukasi juga akan dilakukan. Misalnya, penyuluhan bela negara, kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan Kadarkum, narkoba. Penyuluhan ini merupakan kerjasama Kodim dengan sejumlah instansi, termasuk Polres Kebumen.

"Pelayanan perekaman KTP elektronik, pelayanan penertiban kartu keluar, pelayanan penertiban akta Kelahiran," jelasnya.

Selanjutnyam ada pula penyuluhan KB dari Dinas Sosial dan PPKB Kabupaten Kebumen. Kemudian, penyuluhan percepatan penganekaragaman konsumsi berbasis lokal dan praktek dari distapang Kebumen.

"Pelibatan Personel TNI 150 orang, Polri dua orang, Interdis tiga orang dan masyarakat 80 orang," dia menjelaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓