Sukses

Bekraf Festival 2019 di Kampung Jokowi

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Bekraf Festival 2019 Solo. Acara tersebut digelar mulai tanggal 4-6 Oktober di Benteng Vastenburg Solo.

Liputan6.com, Solo Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo resmi membuka Bekraf Festival 2019 di Benteng Vastenburg, Solo pada Jumat malam, 4 Oktober 2019. Momen ini menjadi awal pelaksanaan Bekraf Festival 2019 yang akan berlangsung hingga Minggu, 6 Oktober 2019.

Diawali dengan welcome dance dan fashion show dari program unggulan Bekraf yakni IKKON (Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara), para pengunjung disuguhi keindahan dari lima daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan IKKON 2019. Selain itu, penonton juga diajak menjadi bagian dari pembukaan dengan menyalakan flashlight dan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

“Ada 1.000 pelaku ekonomi kreatif yang siap melayani masyarakat, menjelaskan, memamerkan, dan mempertunjukkan berbagai karya sertakegiatan yang telah dilakukan bersama Bekraf. Kami berharap acara ini memberi inspirasi kepada pelaku kreatif dan pemda untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya,” ungkap Triawan Munaf pada Jumat malam, 4 Oktober 2019.

Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menilai pelaksanaan Bekraf Festival 2019 di Solo memberi dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian Kota Bengawan. Hal ini karena tak hanya banyak pelaku kreatif nasional yang datang ke Solo untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Namun, pelaksanaan kegiatan ini juga membuat hotel di Solo ramai dengan datangnya wisatawan lokal.

“Melalui Bekraf Festival, Solo ingin belajar mengenai pengembangan ekonomi kreatif. Saat ini, Solo sedang berjuang untuk menjadi kota kreatif bidang seni pertunjukan di tingkat dunia sehingga seniman seperti penari, bisa hidup dari profesinya,” ujar Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Pengunjung Tertinggi

Solo merupakan kota ketiga pelaksanaan Bekraf Festival. Acara ini kali pertama dilaksanakan di Bandung pada 2017 dan berlanjut di Surabaya pada 2018. Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik menyampaikan animo masyarakat terhadap pelaksanaan Bekraf Festival 2019 sangat tinggi yang terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 52.000 orang. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, yang hanya 25.000 orang (Bandung) dan 42.000 orang (Surabaya).

Bekfest merupakan ajang bagi Bekraf untuk menyampaikan hasil capaian kinerja kepada masyarakat dalam menguatkan ekosistem ekonomi kreatif nasional. Selain itu, acara ini juga sebagai apresiasi kepada pelaku kreatif yang turut berkontribusi dalam kemajuan ekraf Indonesia. Sebanyak 40 program unggulan dari enam kedeputian Bekraf dikemas dalam talkshow, pameran, sinema, dan pasar kreatif di Benteng Vastenburg, Solo pada Jumat-Minggu, 4-6 Oktober 2019.

Pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai hiburan secara gratis di acara yang mengusung tema Kita, Kaya, Karya ini, seperti Didi Kempot, Sruti Respati, Maliq & D’Essentials, Nidji, OM PSP, Pecas Ndahe, Jason Ranti, Finalis Indonesia Rising (Devinta, Arta, dan Moneva) dan lainnya. Tiket masuk dapat diperoleh di loket.com dengan memilih menu Cari Event dan mengetik Bekraf Festival 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini