Sukses

Ridwan Kamil Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Negara

Ditunjuk jadi salah satu juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil punya kriteria tersendiri.

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu juri sayembara desain ibu kota negara baru. Ridwan Kamil punya kriteria tersendiri soal desain ibu kota baru nanti.

Pria yang akrab disapa Emil itu menyebutkan, untuk mendesain sebuah ibu kota baru agar menjadi yang terbaik se-dunia, maka semua konsep terbaik harus ada di dalam rancangan kota baru tersebut.

"Karena ini dibuat dari nol kan, maka misal ada konteks sejarah, kota dunia itu kota harus humanis," kata Emil, Kamis (3/10/2019).

Selain itu, dia mengatakan, pola pembangunan ibu kota negara juga mesti terukur agar kondisi perkotaan tak terlalu padat dan sesak.

"Jaraknya dekat orang jalan kaki, bisa mengurangi mobil, motor, bangunannya go green, lebih ramah lingkungan tidak seperti perkotaan sekarang," ujarnya.

"Kemudian kepadatan harus cukup. Tidak padat, bikin sesak dan tidak jauh hanya menguras transportasi," sambung Emil.

Lebih dari itu, estetika juga perlu diperhatikan. Hal ini agar menimbulkan rasa bangga.

Terkait penunjukan dirinya sebagai juri, Ridwan Kamil mengaku hal itu terjadi secara spontan. Ia mengaku ditunjuk langsung oleh Menteri Pekerja Umum Basuki Hadimuljono.

"Ditelpon saja, ditanya siap tidak untuk penugasan ini. Dari presiden melalui PUPR," katanya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.