Puluhan Warga Jabar di Wamena Minta Pulang

Oleh Huyogo Simbolon pada 04 Okt 2019, 08:00 WIB
Ridwan Kamil

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bakal memfasilitasi pemulangan 50 warga asal Jabar yang berada di Wamena. Proses pemulangan dilakukan karena adanya permintaan dari warga terkait belum amannya kondisi Wamena pascakerusuhan, pekan lalu.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pemulangan tersebut berdasarkan permintaan langsung kepada koordinator di Wamena.

"Ada sekitar 50 orang yang sedang dievakuasi sesuai dengan permintaan koordinator di sana. Mereka khususnya yang berkeluarga ingin pulang dulu karena tempatnya tidak bisa dipakai karena terbakar," ujar Ridwan Kamil, Kamis (3/10/2019).

Ridwan Kamil menuturkan pihaknya sudah memerintahkan agar ada dari pihak Pemprov Jabar yang menghubungi kontak di Wamena secara formal.

"Saya juga doakan yang terbaik suatu hari mereka masih bisa bersemanat untuk membangun Indoensia di tanah Papua. Tapi sekarang ada emergency yang diminta dan kita sedang menyiapkan. Mudah-mudahan bisa berangkat hari ini," ucap pria yang akrab disapa Emil itu.

Emil menyebut ada ratusan warga asal Jabar yang menetap di Wamena. Adapun mereka yang meminta pulang saat ini terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak.

"Untuk saat ini kita pulangkan yang prioritas dulu, lain-lain pasti saya bantu," kata Emil.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

 

Simak video pilihan di bawah ini: