Sukses

Imbauan Kapolda Papua kepada Pengungsi Kerusuhan Wamena

Di kompleks Masjid Al Aqsa Sentani ada 115 pengungsi dari Wamena. Sebagian pengungsi mengaku belum memutuskan akan segera kembali ke Wamena.

Liputan6.com, Jayapura - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menjamin kondisi di Wamena sudah kondusif. Dirinya meminta para pengungsi untuk kembali ke tempat tinggal mereka di Wamena, ibu kota Jayawijaya itu.

"Ayo kembali ke Wamena, karena kami menjaga keamanan seluruh warga," kata Kapolda, Selasa (1/10/2019), kepada warga yang mengungsi di halaman Masjid Al Aqsa Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, menyusul kerusuhan yang merenggut banyak nyawa di Wamena pada 23 September.

Ia memahami bahwa kerusuhan Wamena telah menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan yang mendorong warga mengungsi ke tempat yang dianggap lebih aman.

"Jangan berlarut dalam ketakutan dan trauma karena aparat keamanan siap mengamankan warga dari berbagai gangguan," kata Paulus Waterpauw, yang kembali menjabat sebagai Kapolda Papua mulai Senin (30/9).

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu mengatakan bahwa kondisi keamanan Wamena sudah mulai kondusif.

"Jangan takut, kami ada dan akan melindungi warga dari segala gangguan," katanya seperti dikutip Antara.

Di kompleks Masjid Al Aqsa Sentani ada 115 pengungsi dari Wamena. Sebagian pengungsi mengaku belum memutuskan akan segera kembali ke Wamena.

"Saya dan keluarga ingin pulang dulu memenangkan pikiran di kampung," kata Fuad, pengungsi dari Wamena yang mengaku sudah 20 tahun tinggal di ibu kota Jayawijaya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.