Lari Keliling Bali, Prajurit Kodim Bangli Banjir Dukungan

Oleh Dewi Divianta pada 01 Okt 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 09:00 WIB
dandim bangli
Perbesar
Komandan Kodim 1626/Bangli, Letkol Inf Himawan Teddy Laksono (pegang tongkat komando) (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Liputan6.com, Denpasar - Masyarakat Pulau Bali mendukung penuh aksi Serka Dewa Gede Astawa, prajurit Kodim 1626/Bangli yang akan berlari keliling Bali. Aksi heroik Serka Dewa berlari sejauh 374 kilometer untuk menyemarakkan HUT ke-74 TNI. Serka Dewa akan mulai berlari pada 1 Oktober dan finis pada 5 Oktober 2019.

Tindakan positif prajurit Kodim 1626/Bangli itu mendapat perhatian luas publik. Bahkan, ia mendapat dukungan penuh untuk melakukan aksi yang diinisiasi oleh Komandan Kodim (Dandim) 1626/Bangli, Letkol Inf Himawan Teddy Laksono tersebut.

Dukungan publik mulai dirasakan oleh Serka Dewa. Dia mengakui publik begitu antusias memberikan semangat pada TNI, khususnya pada dirinya agar sukses dalam mengemban misi prestisius tersebut.

Saban berlari menjajal lintasan yang akan dilaluinya, Serka Dewa selalu mendapat dukungan masyarakat yang berdiri di pinggir-pinggir jalan. Padahal, kegiatannya berlari baru sebatas latihan, belum berlari dalam kegiatan yang disebut "Run for Bali itu.

"Masyarakat banyak yang memberi dukungan setiap kali bertemu saya ketika berlari, kata Serka Dewa, Senin (30/9/2019). Ia pun mengalami perubahan drastis dalam hidupnya. Ia tak menyangka dukungan luas media melalui pemberitaan membuatnya dikenal oleh masyarakat.

"Dulu jarang dikenal masyarakat. Tapi sekarang dengan dukungan luas media saya banyak dikenal masyarakat. Masyarakat banyak yang menyapa saya untuk memberi dukungan. Bahkan, ketika saya berlatih tak jarang saya diberhentikan oleh masyarakat hanya untuk sekadar berswafoto ria," katanya.

Dengan senang hati Serka Dewa melayani mereka yang ingin berswafoto dengan dirinya. Katanya, hal itu ia lakukan di tengah upayanya berlatih sebagai wujud pelayanan kepada rakyat. "Ya, saya ladeni saja kalau ada yang minta foto. Ini sebagai bentuk kalau TNI itu dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat," tutur dia.

Dandim 1626/Bangli, Letkol Himawan Teddy Laksono mengucapkan terima kasih atas dukungan luas publik. Selama ini, katanya, TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Apa yang dilakukan oleh Serka Dewa dan luasnya dukungan publik menurut Dandim yang karib disapa Letkol HTL itu sebagai bentuk bersatunya TNI dan rakyat.

"Tentu kita bahagia dan bangga kegiatan kami mendapat dukungan luas masyarakat Bali. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Kami juga mengajak masyarakat yang ingin ikut serta berlari menemani anggota kami, Serka Dewa berlari keliling Bali untuk ikut berpartisipasi. Kami adalah rakyat, rakyat adalah kami. Kegiatan ini adalah bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat," papar Letkol HTL.