Hujan Turun, 152 Titik Panas Masih Terdeteksi di Riau

Oleh Liputan6.com pada 25 Sep 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2019, 19:13 WIB
Jarak pandang di Pekanbaru kian terbatas karena kabut asap hasil Karhutla di berbabagi wilayah Riau.

Liputan6.com, Riau - Setelah dua hari digurur hujan, wilayah Provinsi Riau masih menyisakan 152 titik panas indikasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengungkap, citra satelit pada pukul Rabu, 25 September 2019, pukul 06.00 WIB menunjukkan jumlah titik panas di Riau paling banyak jika dibandingkan dengan wilayah provinsi lain di Pulau Sumatera.

Di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan masing-masing hanya dideteksi 27 dan 32 titik panas. Selain itu, titik panas di Pulau Sumatera tersebar di wilayah Lampung (26), Sumatera Utara (3), Kepulauan Riau (3), dan Bengkulu (2).

Staf Analisis BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo menjelaskan, titik panas di Riau paling banyak berada di Kabupaten Rokan Hilir (76) disusul Kabupaten Bengkalis (31), Kota Dumai (26), Kabupaten Indragiri Hilir (8), Kepulauan Meranti (5), Pelalawan (5), dan Kabupaten Siak (1).

Dari 152 titik panas yang ada di wilayah Riau, 100 di antaranya dideteksi sebagai titik api. Titik api paling banyak ditemukan di Rokan Hilir (47), Bengkalis (25), Dumai (17), Pelalawan (4), Meranti (4), dan Indragiri Hilir (3).

Agus mengatakan hujan masih berpeluang turun di Riau.

"Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Bengkalis, Siak, Kep Meranti, Pelalawan, Rokan Hilir dan Kota Dumai," katanya.

Kabut asap masih ada di wilayah Riau, namun tidak sampai mengganggu penerbangan. Aktivitas di Bandara Sultan Syarif Kasim II di Kota Pekanbaru masih normal. Jarak pandang pada pukul 07.00 WIB di Pekanbaru sekitar 1,5 kilometer.

Hujan turun di Pekanbaru pada Selasa malam (24/9) dengan intensitas sedang. Pada Rabu pagi, gerimis juga turun di Pekanbaru.

2 of 2

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓