Sebulan Wisata Kuliner dari Mal ke Mal di Yogyakarta, Cek Tanggalnya

Oleh Switzy Sabandar pada 25 Sep 2019, 09:00 WIB
WICSF 2019

Liputan6.com, Yogyakarta - Siapa bilang berwisata kuliner harus ke pasar tradisional? Menikmati santapan unik dan khas daerah ternyata juga bisa dinikmati di mal.

Seperti halnya delapan pusat perbelanjaan atau mal di DIY ini. Mereka secara estafet mengelar Wonderful Indonesia Culinary And Shopping Festival (WICSF) ke-4 yang diadakan mulai 27 September sampai 27 Oktober 2019. Perhelatan ini berlangsung di pusat perbelanjaan yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DIY.

"Perhelatan ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Yogyakarta sekaligus menjadi agenda wisata yang mengenalkan kuliner lokal kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," ujar Surya Ananta, Ketua APPBI DIY, dalam jumpa pers di Yogyakarta pekan lalu.

Secara umum, setiap mal akan menonjolkan keunikannya masing-masing dan mengangkat menu kuliner lokal yang mulai go international, seperti rendang, gado-gado, dan nasi goreng. Target kunjungan setiap mal pun beragam, tergantung dari kebijakan manajemen masing-masing.

Plaza Ambarrukmo menjadi mal pembuka rangkaian WICSF ke-4. Tema Taste of Harmony diusung selama tiga hari acara, mulai 27 sampai 29 September 2019 di Pendopo Royal Ambarrukmo. Pengunjung bisa menikmati berbagai pilihan makanan dan minuman, misal, nasi bakar, cireng, aneka olahan seafood, asinan Bogor, mendoan, dan sebagainya.

Galeria Mal mengangkat tema Howdy Foodie pada 3 sampai 6 Oktober 2019. Pengunjung bisa menikmati beragam kuliner kekinian sembari menikmati pertunjukan menarik. Varian hiburan yang dihadirkan mengangkat konsep western country yang berkaitan dengan rangkaian program ulang tahun ke-24 mal ini.

Lippo Plaza Jogja juga tidak ketinggalan. Mal ini berpatisipasi dalam ajang ini pada 4 sampai 6 Oktober 2019 dengan menghadirkan lebih dari 100 jenis kuliner yang disediakan oleh 40 tenant makanan dan minuman.

Mal yang mengusung tema ReFOODlution 4 ini juga memberikan berbagai atraksi music dan hiburan untuk pengunjung yang bisa dinikmati di area Ground Floor dan Avenue of The Stars.

"Kami juga ingin memperkenalkan fasilitas baru di mal ini yakni Avenue of The Stars, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman dengan suasana outdoor diiringi live music," kata Nazwar, Marketing Communication Lippo Plaza Jogja.

 

2 of 3

Belanja Barang Elektonik Sembari Mencicipi Kuliner

WICSF 2019
Delapan mal di Yogyakarta secara estafet akan menghadirkan aneka kuliner menarik dan khas dalam ajang WICSF 2019. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Sleman City Hall juga berpartisipasi dalam WICSF ke-4 mulai dari 10 sampai 13 Oktober 2019. Selain menghadirkan ragam makanan berat, mal ini juga menampilkan hiburan kesenian tradisional yang bisa dinikmati pengunjung.

Malioboro Mal menghadirkan festival kuliner di Atrium Utama pada 11 sampai 13 Oktober 2019. Selain itu, anak-anak juga bisa berpartisipasi dalam kompetisi bongkar pasang lasy dan lomba tari kreasi baru pada hari terakhir acara.

"Festival ini kiranya dapat menarik lebih banyak pengunjung di akhir pekan dan berimbas positif terhadap omzet tenant," ujar Eunike Set Satyarini, staf marketing and promotion Malioboro Mal.

Jogjatronik sebagai pusat perbelanjaan barang elektronik juga ambil bagian dalam WICSF mulai 12 sampai 20 Oktober 2019. Di tempat ini, pengunjung bisa membeli kebutuhan elektronik sambil menyantap kuliner.

Promo yang ditawarkan cukup menarik, yakni mendapatkan harga khusus produk sekaligus voucher makan atau minum pilih sesukamu di booth kuliner. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan es krim gratis untuk 100 pengunjung pertama per hari.

 

3 of 3

Pesta Cokelat di Hartono Mal

WICSF 2019
Delapan mal di Yogyakarta secara estafet akan menghadirkan aneka kuliner menarik dan khas dalam ajang WICSF 2019. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Hartono Mal menawarkan pesta cokelat dalam perhelatan yang digelar di Atrium Hartono Mal Yogyakarta pada 17 sampai 20 Oktober 2019. Jogja Cocoa Day 2019 yang diusung sebagai bagian dari WICSF ke-4 ini diisi oleh beberapa tenant cokelat yang dapat memanjakan pengunjung.

Tidak hanya menyantap cokelat, pengunjung juga bisa memperoleh pengalaman lewat kegiatan chocolate creating experience, chocolate batik, face painting, chocolate museum, talkshow, workshop, dan bazar.

Bagi pengunjung yang ingin menambah deretan koleksi foto di media sosial juga bisa memanfaatkan booth selfie berkonsep cokelat.

Hartono Mal sengaja mengangkat cokelat karena ingin mengedukasi masyarakat. Cokelat kerap dihindari karena identik dengan membuat gemuk. Padahal, cokelat, terutama dengan kadar 70 persen, memiliki banyak manfaat, seperti menghilangkan stres dan mengurangi risiko diabetes.

Data dari salah satu produsen cokelat di Indonesia menyebutkan konsumsi cokelat di Indonesia masih rendah, yakni hanya 0,5 kilogram per tahun. Hal ini berbanding terbalik dengan fakta Indonesia adalah negara penghasil cokelat terbesar ketiga setelah Pantai Gading dan Ghana.

Sementara, Jogja City Mal sebagai lokasi penutup rangkaian WICSF ke-4 pada 24 sampai 27 Oktober 2019. Pusat perbelanjaan ini juga akan membagikan jajanan khas tradisional Keraton Yogyakarta kepada pengunjung yang beruntung.

Lanjutkan Membaca ↓