Sukses

Heboh Sosok Mistis 'Aisyah' Order Ojek Online di Yogyakarta

Saya merasa sudah pergi jauh, tapi kok rasanya hanya muter-muter di sekitar situ. Tadi sudah lewat situ kok balik ke situ lagi. Saya sampai capek.

Yogyakarta - Driver online di Yogyakarta jumlahnya kini semakin banyak menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Banyak cerita menarik menghiasi perjalanan kerja mereka baik senang, sedih maupun yang berbau misteri.

Salah satunya dialami Yoga (40), seorang driver online motor yang mendapat customer bernama Aisyah.

Dia mengisahkan, penumpang perempuan tersebut mengorder naik dari sebuah mall di kawasan Malioboro dengan titik tujuan di wilayah Meijing Lor Kecamatan Godean, Sleman.

Driver yang sebenarnya sudah cukup lama berkarya sebagai driver online ini mendapat order melalui aplikasi sekitar pukul 21.00 WIB dengan nama di layar Aisyah. Jarak Malioboro ke Meijing Lor sebenarnya cukup jauh, sekitar 8 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit.

Yoga tak merasa aneh dengan penumpangnya karena sepanjang perjalanan, Aisyah berpolah seperti penumpang biasanya. Bahkan beberapa kali ia terlibat percakapan meski memang seperlunya saja.

Di titik tujuan, di mana Aisyah turun pun Yoga tak merasakan keanehan. Ia menerima selembar uang yang diingat berwarna biru lalu Aisyah tersebut berlalu tanpa meminta kembalian

Setelah itu, barulah keanehan muncul lantaran Yoga merasa hanya berputar-putar di dekat lokasi menurunkan penumpang tadi.

"Saya merasa sudah pergi jauh, tapi kok rasanya hanya muter-muter di sekitar situ. Tadi sudah lewat situ kok balik ke situ lagi. Saya sampai capek," ungkapnya mengenang seperti dikutip dari laman KRJogja.com.

Yoga bahkan menyadari lokasi Aisyah turun yang kemudian berubah menjadi gorong-gorong yang disampingnya ada pohonnya.

"Lha tadinya saya lihat itu rumah, kok jadi ndak ada rumah sama sekali. Lha saya bingung lalu berdoa sebisanya terus telpon teman-teman ojek online biar dipandu keluar," ungkapnya lagi.

Setelah akhirnya keluar dari kawasan Mejing Lor, Yoga sempat mengecek saku tempatnya menyimpan uang yang diberikan penumpangnya tadi. Alangkah kagetnya, uang yang tadi ia yakini disimpan di saku sebelah kanan berubah menjadi selembar kain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesaksian Ojol

Kisah Aisyah yang menjadi cerita di kalangan driver online ternyata tak berhenti di situ saja. Driver lain yakni Rudi Antono (45) juga sempat mendapat order dengan nama Aisyah yang memesan makanan dari kawasan Kuncen Wirobrajan Yogyakarta.

Kawasan Kuncen selama ini memang dikenal luas sebagai area pemakaman umum salah satu yang terbesar di Kota Yogyakarta. Rudi saat itu tak pikir panjang langsung membelikan steak di salah satu resto yang memang memiliki rekanan dengan aplikasi.

“Titik antarnya itu sekitar pasar Klithikan, tapi kok ternyata meleset agak ke barat. Saya ikuti lama-lama kok dari dalam kompleks pemakaman. Di situ mulai ragu mau bablas masuk sampai titiknya atau pulang saja, tapi sudah dibelikan takutnya saya juga dapat rating jelek nanti,” ungkap Rudi.

Di fasilitas chat dalam aplikasi, Aisyah masih berkomunikasi dan memintanya mengirimkan makanan sampai rumah.

Saya coba telusuri titik dia berada sesuai koordinat yang dikirim ternyata di blok 3 pemakaman Kuncen, pas makam yang nisannya rusak. Yasudah saya bablas," pungkas dia.

Dua kisah di atas didapatkan KRjogja.com dari komunitas driver online di wilayah Yogyakarta. Sampai sekarang order Aisyah masih jadi misteri apakah benar hantu bisa menggunakan aplikasi, atau hanya orang iseng saja yang usil mengerjai pengemudi ojek online.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.