Mengenal Mawang, Sosok di Balik Viral Lagu 'Kasih Sayang kepada Orangtua'

Oleh Huyogo Simbolon pada 16 Sep 2019, 00:00 WIB
Mawang

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini seorang penyanyi menjadi viral karena lagunya yang berjudul Kasih Sayang Kepada Orangtua. Berbeda dengan lagu pada biasanya yang memiliki lirik berupa kata-kata yang jelas, lagu berdurasi 4 menit 11 detik itu justru lebih terdengar seperti mengerang dan cenderung sumbang.

Dalam video Youtube, penyanyi pria berambut gondrong itu membawakan lagu di acara bertajuk Kelas Indie. Meski sulit dipahami makna lagunya, video tersebut hingga Minggu (15/9/2019) pukul 01.00 WIB sudah 3,5 juta kali ditonton warganet.

Orang di balik video tersebut adalah Ridwan Mawang Sanja Irawan. Pria asal Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Mawang merupakan alumnus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI). Semasa berkuliah di ISBI Bandung, dia mengambil program studi Seni Karawitan. Kemudian dia juga cukup aktif dalam pembuatan musik teater, tari dan film.

Lulusan Sarjana Seni itu pun mengajar sebagai tenaga honorer di beberapa sekolah tingkat menengah dan atas. Memiliki kemampuan memainkan alat musik seperti bermain gitar dan drum membuatnya dipercaya sebagai guru privat.

Meskipun sebagian besar orang terpingkal mendengarkan lagu ini karena dianggap lucu, Mawang menjelaskan, bahwa sulit untuk mengungkapkan perasaan kepada orangtua melalui kata-kata.

"Saat membicarakan kasih sayang orangtua kepada anaknya itu kan tidak semudah kita membicarakan hal-hal kepada orang lain, misalnya kepada teman. Karena orangtua selalu berjasa dalam hal apa pun untuk anak-anaknya, maka pesan tidak harus disampaikan dengan sebuah lirik yang kata-katanya konvensional," kata Mawang saat ditemui Liputan6.com di Kantin The Panasdalam, Kota Bandung, Sabtu (15/9/2019).

Pria 26 tahun itu justru mengaku awalnya menciptakan lirik lagu Kasih Sayang Kepada Orangtua secara gamblang. Dia tuliskan kalimat di atas kertas, kemudian membuat chord. Namun, hasilnya tidak memuaskan.

"Setelah beres jadi lagu, saya merasa kaya lagu itu seperti dibuat-buat padahal tujuannya untuk orangtua. Secara spontan muncul agar tidak pakai lirik yang jelas," ucapnya.

Mawang pun langsung mempraktikkan lagu ciptaannya kepada sang ibu. Bahkan, dalam unggahan di akun Instagramnya @mawang.s.i pada 18 Oktober 2017, terlihat ibunya tak mempersoalkan lirik yang tak jelas tersebut.

"Karena itu menurut mereka candaan, jadi kita enjoy saja," katanya.

"Ibu saya sempat bertanya, 'kenapa tidak bikin lagu yang bertema kasih sayang orangtua seperti lagu Bunda saja?'. Saya pun harus jelaskan bahwa rasa terima kasih itu tidak semuanya bisa diterangkan langsung. Dan beliau pun akhirnya paham," sambung Mawang.

2 of 2

Menambah Motivasi

Mawang
Ridwan Mawang Sanja Irawan sosoknya muncul dalam video lagu Kasih Sayang Kepada Orang Tua yang menjadi viral di Youtube. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sebelum videonya banyak ditonton, Mawang sempat membawakan lagu Kasih Sayang Kepada Orangtua di beberapa kegiatan pentas seni. Salah satunya acara Malam Puisi di Sumedang, 2018 lalu.

Namun popularitas lagunya tersebut baru benar-benar melejit saat tampil di Kelas Indie, Agustus 2019.

"Pertamanya enggak menyangka bakal viral, tapi kalau sekarang menyangka. Waktu awal itu ekspektasinya tidak terlalu besar," kata Mawang.

Penyanyi solo ini merasakan perubahan sejak videonya viral. Ada apresiasi atas karyanya, tetapi ada juga yang mengkritik karena dianggap meniru musisi lain.

"Dampaknya pasti ada baik dan buruknya. Bagi saya pasti ada beban tapi kebanggaan juga pasti ada. Ketika kita naik satu tahapan, saya memikirkan bahwa bakal ada banyak hal baru dan pasti banyak cobaan juga yang saya dapat nanti," ujarnya.

Mawang menganggap momen kali ini menjadi kesempatan untuk terus berkarya di bidang musik. "Ini seperti tahapan awal kalau karya saya bisa diapresiasi orang lain. Baik atau enggaknya saya tidak harus menentukan seperti itu," ucapnya.

Berkat lagunya yang fenomenal, Mawang dan kawan-kawan kini lebih banyak diminta untuk tampil di berbagai acara musik, terutamanya dari komunitas.

Padahal, kata dia, jika tidak ada video viral seperti sekarang ini dirinya ingin merampungkan album.

"Saya sudah punya rencana sebelum video viral ini bikin album. Sudah ada 13 lagu, rekaman dan mixing sendiri dilakukan di rumah dengan alat seadanya," katanya.

Simak video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓