Top 3: Kaum Hawa Hati-Hati dengan Tawaran Kerja Bergaji Besar di Batam

Oleh Liputan Enam pada 12 Sep 2019, 00:30 WIB
tppo batam

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini mengungkapkan peristiwa beredarnya tawaran pekerjaan bagi perempuan di Batam yang berujung dijadikan Pekerja Seks Komersial. Polisi sudah mengamankan 31 korban perempuan yang direkrut dari Pulau Jawa.

Rata-rata korban masih berusia 18-28 tahun. Mereka dipaksa menjadi PSK dan melayani laki-laki hidung belang dari berbagai negara. Tarifnya Rp600 ribu hingga Rp2 juta per malam. 

Sementara itu, tersebar video bercanda sebelum terjadinya kecelakaan maut Nganjuk. Dalam video berdurasi 21 detik tersebut, terdapat seorang laki-laki yang bercanda dan mengucap “Iki gaweo cerito gik. Lek aku nabrak-nabrak”. Video itu langsung viral dan menjadi bahan perbincangan.

Berikut adalah tiga artikel populer Regional yang dirangkum pada Rabu (11/09/2019):

1. Hati-Hati Ditawari Pekerjaan Bergaji Besar di Batam

Bagi kaum perempuan, hati-hati bila ditawari pekerjaan di luar Jawa. Bisa jadi tawaran itu hanyalah modus untuk menjaring PSK.

Seperti kasus yang diungkap Polda Kepulauan Riau, Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal mengungkap adanya puluhan perempuan yang dijadikan komoditas perdagangan orang.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga, ada 31 korban perempuan yang direkrut dari Pulau Jawa dijanjikan pekerjaan di Batam. Namun, akhirnya mereka dijadikan PSK.

"Mereka diiming-imingi gaji besar, agar bisa membeli rumah dan mobil," kata Erlangga di Mapolda Kepri, Batu Besar Batam, Senin (9/9/2019).

Selengkapnya…

2. Tersebar Video Bercanda di Dalam Mobil Sebelum Kecelakaan Maut Nganjuk

Video yang merekam kejadian sebelum kecelakan maut antara mobil dan bus di Jalan Raya Surabaya-Nganjuk, Desa Selorejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk beredar. Dalam video berdurasi 21 detik tersebut, terlihat aktivitas 4 anak muda di dalam mobil.

Ada perempuan mengenakan baju kuning sedang makeup. Di bagian belakang, pria berbaju merah sedang tiduran. Ia tidur di kursi belakang mobil. Dari video terdengar pembicaraan laki-laki, “Iki gaweo cerito gik. Lek aku nabrak-nabrak” atau dalam bahasa “Ini buat cerita gik, kalau aku nanti nabrak-nabrak”.

Video sebelum kecelakaan Nganjuk itu langsung viral dan jadi bahan perbincangan. Diduga video itu direkam salah seorang yang selamat, bernama Tohir Rohjana, warga Jalan Subokastowo, Ponorogo. 

Selengkapnya…

3. Balada Kartu Tani Purbalingga

Kartu tani menjadi program unggulan Provinsi Jawa Tengah. Program ini lantas diadopsi sebagai program nasional. Wilayah dengan tingkat realisasi kartu tani terbaik di Jawa Tengah salah satunya adalah Kabupaten Purbalingga.

Kartu tani adalah kartu yang terintegrasi dengan rekening bank yang juga berfungsi sebagai kartu ATM. Fungsi utama kartu tani adalah sebagai kontrol distribusi pupuk bersubsidi. Kartu tani memastikan distribusi penerima pupuk adalah orang yang berhak.

Meski tingkat realisasi kartu tani Purbalingga menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Tengah, namun rupanya penggunaan kartu tani masih berkisar di angka 44,5 persen, tepatnya 26.097 petani. Lainnya, belum efektif digunakan.

Selengkapnya…

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap