Sukses

Tebing Sungai Batang Kian Tergerus, Warga Terancam dan Takut Pulang

Tebing penahan sungai itu semakin tergerus. Dikhawatirkan akan semakin dekat ke perumahan warga

Liputan6.com, Pasaman Barat - Tebing Sungai Batang Kenaikan di Jorong Kampung Koto Dalam Sudirman, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, makin tergerus, mengancam perumahan warga yang ada di bantaran sungai.

"Saat ini di lokasi hujan lebat dan air sungai besar. Hantaman air sungai membuat tebing penahan sungai tergerus," kata Camat Gunung Tuleh Randy Hendrawan di Simpang Empat, Sabtu 7 September 2019.

"Tebing penahan sungai itu semakin tergerus. Dikhawatirkan akan semakin dekat ke perumahan warga," ujarnya.

Ia menambahkan, kondisi itu mengancam puluhan rumah warga yang berada sekitar delapan meter dari sungai.

Saat ini, empat rumah warga yang berada dekat dengan sungai sudah dipindahkan karena khawatir terdampak longsornya bagian tepi sungai.

Bagian tepi sungai itu kadang longsor saat debit air sungai meningkat. Kalau dibiarkan, tanah tebing sungai yang labil bisa longsor dan mengancam permukiman warga di sekitarnya.

"Beberapa waktu lalu kita sempat menyarankan warga untuk menempati rumah kerabat yang aman karena khawatir rumah mereka roboh dan memakan korban jiwa," kata Randy dilansir Antara.

Ia berharap Balai Wilayah Sungai segera melakukan upaya normalisasi sungai atau membangun penahan tebing sungai.

"Masyarakat sekitar saat ini sudah mulai khawatir dan takut menempati rumah mereka," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.