Sukses

Bau Ciu, Operasional Instalasi Pengolahan Air Semanggi Solo Disetop

Sementara cadangan air bersih yang telah diolah hanya mencukupi sampai pukul 17.00 WIB sore nanti.

Solo - Bau minuman keras ciu pada air sungai yang masuk ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi, Solo, memaksa operasional IPA dihentikan sejak pukul 08.00 WIB pagi ini, Kamis (5/9/2019).

Menurut informasi yang dikutip dari Solopos.com, selain berbau alkohol, air yang masuk ke saluran intake IPA Semanggi Solo warnanya kuning keruh. 

Untuk diketahui, air baku yang masuk ke IPA Semanggi Solo berasal dari Kali Bengawan Solo. Sementara kondisi Bengawan Solo sendiri kerap tercemar limbah dari anak sungainya, salah satunya dari Kali Samin.

Saat ini, cadangan air bersih yang telah diolah di IPA Semanggi Solo dan siap disalurkan ke masyarakat hanya mencukupi sampai pukul 17.00 WIB sore nanti.

Jika cadangan air bersih dan pengolahan air di IPA Semanggi Solo belum bisa dilakukan, PDAM Solo akan melakukan dropping ke air kepada masyarakat.

Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Solo, Tri Atmojo Sukomulyo, saat dihubungi mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk meminta bantuan Pemprov Jateng jika nantinya air sungai yang masuk masih berbau ciu.

Baca juga berita Solopos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.