Sukses

PODCAST: Mengenal Cerita Rakyat Calon Arang

Setiap daerah di Indonesia memiliki cerita rakyat. Hal ini menjadi kekayaan seni dan budaya masyarakat Indonesia, salah satunya cerita rakyat soal Calon Arang.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap daerah di Indonesia memiliki cerita rakyat. Hal ini menjadi kekayaan seni dan budaya masyarakat Indonesia, salah satunya cerita rakyat soal Calon Arang.

Cerita rakyat yang mungkin populer didengar dan dibaca mengenai Sangkuriang yang merupakan cerita rakyat dari Jawa Barat, legenda Keong Emas , cerita rakyat dari Jawa Timur, dan Kisah Rara Jonggrang. Selain itu, ada juga cerita rakyat yang populer di masyarakat Jawa Timur dan Bali yaitu Calon Arang.

Calon Arang ini tak kalah menariknya dengan cerita rakyat dari daerah lain di Indonesia. Bahkan Calon Arang ini merupakan salah satu cerita rakyat yang diadaptasi ke berbagai jenis genre mulai dari pertunjukan tari, drama, kartun animasi, novel hingga film.

Cerita rakyat Calon Arang ini berkembang di Jawa terutama Jawa Timur dan Bali. Kisahnya tertulis dalam naskah lontar bertarikh 1540 M. Dalam tradisi Bali, kisah calon arang dipertahankan dalam grubug atau geguritan yaitu tradisi lisan yang dihidupkan dari mulut ke mulut.

Lalu bagaimana kisah Calon Arang ini? Pesan apa yang bisa dipetik dari cerita rakyat Calon Arang? Bagaimana sosok Calon Arang dikisahkan dalam sebuah novel yang diadaptasi juga oleh Pramoedya Ananta Toer ini?

Berikut cerita lengkapnya:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.