Kesempatan Emas, Sumsel Ngotot Jadi Tuan Rumah FIFA U-20 World Cup 2021

Oleh Nefri Inge pada 31 Agu 2019, 14:00 WIB
Sumsel Optimis Jadi Tuan Rumah  FIFA U-20 World Cup 2021

Liputan6.com, Palembang - Rekam jejak Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang berhasil menyelenggarakan event olahraga bertaraf international terus berlanjut. Bahkan Sumsel sudah terpilih menjadi calon tuan rumah FIFA World Cup U-20 di tahun 2021 mendatang.

Hal ini dikuatkan dengan penandatanganan Dokumen Host City Agreement dalam proses FIFA U-20 World Cup 2019, antara Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), pada hari Kamis (28/8/2019) lalu.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, kesempatan emas ini tidak akan mereka sia-siakan. Dia pun optimis jika Sumsel siap menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2021.

"Provinsi Sumsel layak dan siap menyelenggarakan event ini. Dua tahun ke depan kita masih cukup waktu mempersiapakan semuanya," ujarnya, Sabtu (31/8/2019).

Jika terpilih menjadi tuan rumah FiFA World Cup U-20 mendatang, momen ini suatu kehormatan bagi Sumsel. Karena ada 10 wilayah di Indonesia yang bersaing untuk mendapatkan kesempatan berharga ini.

Provinsi Sumsel tidak hanya siap dalam venue penyelenggaraannya saja, tapi juga kesiapan keamanan dan syarat-syarat yang lainnya pun akan dipenuhi. Terlebih waktu penyelenggaraan masih dalam waktu dua tahun lagi.

"Bukan hanya kesiapan lapangan saja, kesiapan keamanan atau syarat-syarat teknis lainnya Provinsi Sumsel siap," katanya.

Venue di Jakabaring Spor City (JSC) yang menjadi lokasi Asian Games 2018 lalu, siap digunakan untuk event FIFA World Cup U-20 di tahun 2021 mendatang.

"PT JSC juga sudah menandatangani persetujuan penggunaan lapangannya, yang dikelola oleh pemerintah sudah. Pernyataan sebagai Gubernur untuk dibawa ke FIFA juga sudah ditandatangani," katanya.

2 of 2

Jambore Sepeda Lipat

Sumsel Optimis Jadi Tuan Rumah  FIFA U-20 World Cup 2021
Panitia Jamselinas saat beraudiensi dengan Gubernur Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Nefri Inge)

Sumsel juga sudah ditunjuk menjadi tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) 9 Tahun 2019. Jamselinas ini akan digelar tanggal 13-15 September 2019 mendatang, di Kota Palembang Sumsel.

Gubernur Sumsel Herman Deru berharap agar event ini dapat dijadikan sebagai sarana promosi wisata olahraga Sumsel atau Destinasi Sport Tourism.

"Kabupaten/kota saya intruksikan untuk berperan aktif dalam membantu kegiatan ini dengan melibatkan masyarakat sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Begitu juga dengan OPD terkait seprti Dispora dan Disbudpar Provinsi Sumsel ikut mempasilitasi," katanya.

Gubernur meminta selama event Jambore sepeda lipat berlangsung, para panitia dapat menonjolkan khas daerah, salah satunya yang mempromosikan kuliner lokal khas Sumsel.

Ferdinan Yoga, Wakil Ketua Panitia Jamselinas 9 Palembang mengatakan lokasi kegiatan mengambil tempat di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Lokasi ini menjadi tempat perhelatan Asian Games 2018 lalu.

"Mohon dukungan dari masyarakat Sumsel, semoga acara ini akan berjalan lancar," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓