Suasana Haru Upacara Pemakaman Ipda Erwin yang Gugur Saat Mengawal Demo di Cianjur

Oleh Huyogo Simbolon pada 26 Agu 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 26 Agu 2019, 20:00 WIB
Kapolda Jabar

Liputan6.com, Bandung - Ipda Erwin Yudha Wildan, meninggal dunia pada Senin (26/8/2019) pukul 01.38 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Prosesi pemakaman Ipda Erwin dilaksanakan dengan upacara kebesaran Polri, Senin (26/8/2019) siang.

Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi bertindak selaku inspektur upacara pemakaman Ipda Erwin. Pemakaman dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Cikaret, Jalan Siliwangi, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur Kota, Kabupaten Cianjur.

Dalam sambutannya, Rudy menyampaikan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya. Rudy berharap agar keluarga yang ditinggalkan dapat diberi kesabaran dan perlindungan yang sebesar-besarnya dari Allah SWT.

"Selama bertugas, almarhum adalah personel Polri yang selalu mendarmabaktikan diri pada Polri sehingga patut menjadi suri tauladan bagi kita semua," kata Rudy.

Hadir dalam pemakaman tersebut pejabat utama Polda Jabar, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, Dandim 0608/Cianjur, Kapolres Cianjur, Ajun Komisaris Besar Soliyah dan keluarga besar Ipda Erwin.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, prosesi pemakaman Ipda Erwin dilaksanakan sebagaimana upacara pemakaman kebesaran Polri.

Hal itu, kata Trunoyudo, dilakukan sebagai penghargaan dan penghormatan kepada Ipda Erwin karena beliau merupakan sosok Bhayangkara yang telah gugur dalam melaksanakan tugas pengamanan unjuk rasa dan senantiasa memegang teguh prinsip pengabdian dan perjuangan yang hingga akhir hayatnya.

"Beliau terus memberi darma bakti kepada institusi Kepolisian," kata Trunoyudo.

Seperti diketahui, Ipda Erwin mengembuskan nafas terakhir usai mendapatkan perawatan luka bakar ketika mengawal aksi unjuk rasa OKP Cipayung Plus ke Kantor DPRD dan Pemda Kabupaten Cianjur, pada Kamis (15/8/2019) lalu.

Selain Ipda Erwin, tiga anggota polisi lainnya yang juga menjadi korban insiden tersebut di antaranya Briptu Yudi Muslim, Briptu FA Simbolon, dan Briptu Anif. Mereka hingga kini masih dalam penanganan medis di Rumah Sakit Sartika Asih dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung.

Simak video pilihan di bawah ini: