3 Nyawa Korban Pesta Miras Oplosan

Oleh Jayadi Supriadin pada 24 Agu 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2019, 14:00 WIB
Salah seorang korban miras oplosan di Tasikmalaya akhirnya meregang nyawa di rumah sakit
Perbesar
Salah seorang korban miras oplosan di Tasikmalaya akhirnya meregang nyawa di rumah sakit (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Tasikmalaya Sebanyak tiga orang warga Tasikmalaya, Jawa Barat meninggal dunia setelah menenggak minuman keras (Miras) oplosan, Rabu (21/8/2019) lalu.

Para korban yang masih berusia belasan tahun yakni AF (19), RZ (17) dan IM (26), warga Kampung Ciawi, Kecamatan Bojonggambir, mati sia-sia, kurang dari 24 jam setelah pesta miras oplosan berlangsung.

Kapolsek Bojonggambir IPTU Atang B Karna mengatakan, pesta miras oplosan yang dilakukan korban terbilang nekat.

“Sebelum melakukan pesta miras tersebut, mereka mencampurkan terlebih dahulu dengan obat batuk berupa komix, ekstrajos dan alkohol 96 persen,” ujarnya, kemarin.

Menurut Atang, insiden itu bermula saat AF, salah satu korban mengajak rekannya hingga berjumlah total delapan orang, melangsungkan pesta minum miras oplosan.

“Awalnya mereka berkumpul rumah korban, dan merencanakan melakukan pesta miras di sebuah lahan kosong,” papar dia.

Kemudian bahan miras oplosan yang diperoleh melalui online tersebut yakni obat batuk komix, ekstrajos dan alkohol 96 persen dicampur dalam sebuah teko (tempat minum) berukuran besar.

“Kejadiannya (pesta miras) pada Rabu (21/8/2019) sekitar pukul 16.00 WIB sore,” ujarnya.

Tidak ada perasaan takut di antara ke delapan peserta pesta miras oplosan maut itu, hingga akhirnya pulang ke rumahnya masing-masing.

“Nah pas pulang itu para korban mulai merasakan mulai dada terasa sesak, pusing, mual dan muntah-muntah,” kata dia.

Akhirnya pada Rabu malam, AF salah seorang pelaku, meninggal pada pukul 22.00 WIB, kemudian disusul RZ (17) pada Kamis pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Sementara untuk IM (26), korban terakhir yang meregang nyawa berlangsung sekitar pukul 18.30 WIB sore. “Total meninggal sekarang menjadi tiga orang,” kata dia.

Sedangkan lima orang korban lainnya, yakni RA, (19), UK,(19), BY, (18), TP, (18), dan YD, (18), masih dalam perawatan medis di dua ruang perawatan yakni RS SMC Singaparna dan Puskesmas Bojonggambir. 

Hingga kini polres Tasikmalaya masih melakukan penyelidikan terhadap kasus pesta miras oplosan tersebut. Sementara ketiga korban sudah dimakamkan pihak keluarga di tempat pemakaman umum warga sekitar.

Simak video pilihan berikut