Sukses

Mahasiswa Papua di Jombang Rindu Sosok Gusdur

Sebanyak 20 mahasiswa Papua di Jombang, Jawa Timur, berziarah ke Makam Gus Dur di kompleks Pesantren Tebuireng.

Liputan6.com, Jombang - Sebanyak 20 mahasiswa asal Papua di Jombang, Jawa Timur, berziarah ke Makam Gus Dur di kompleks Pesantren Tebuireng, Rabu (21/82/2019). Mereka ditemani putri mendiang Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid.

Mahasiswa Stikes Dian Husada Jombang, Natalia Mesake mengatakan, di mata mahasiswa Papua, Gus Dur merupakan tokoh pluralisme dan sosok pemersatu bangsa yang tetap hidup di hati masyarakat Papua.

"Kami sengaja ingin berziarah karena Gus Dur itu sosok pemersatu Indonesia," katanya.

Semua mahasiswa Papua yang ada di Jombang juga berharap, pemerintah memberikan perlindungan dan jaminan keamanan sepenuhnya kepada mereka.

Natalia pun meminta agar insiden yang melibatkan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang hingga menyebabkan kerusuhan di sejumlah tempat di Papua, bisa segera diselesaikan secara damai.

"Terima kasih kepada pemerintah yang sudah melindungi kami yang tinggal di Jawa, saya berharap masyarakat yang di Papua dan di Jawa bisa berdamai lagi dan menjaga keutuhan NKRI," katanya menambahkan. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.