Sukses

Gubernur Ganjar Jamin Keamanan Warga Papua di Jawa Tengah

Gubernur Ganjar Pranowo menjamin keamanan warga Papua yang sedang sekolah di sejumlah perguruan tinggi di Jawa Tengah usai munculnya sejumlah provokasi di daerah lain.

Liputan6.com, Solo - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjamin keamanan warga Papua yang tinggal di Jawa Tengah. Sebagian besar warga Papua tersebut sedang menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Ganjar mengaku sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah warga Papua yang tinggal di Semarang. Dari pertemuan itu disebutkan bahwa kondisi mahasiswa asal Papua yang ada di Jawa Tengah baik-baik saja.

"Saya bilang kepada keluarga yang di Papua enggak usah takut, saya menjamin keamanan kepada mereka yang sekolah di Jawa Tengah," kata dia ketika ditemui usai Konser Kebangsaan Apresiasi Prestasi Pancasila di De Tjolomadoe, Karanganyar, Senin malam, 19 Agustus 2019.

Ganjar mengatakan sebelumnya memang ada pemasangan spanduk oleh warga di Asrama Mahasiswa Papua Tegal Wareng di Kelurahan Candi Semarang. Hanya saja dirinya telah memerintahkan untuk mencopot spanduk tersebut. Seperti diketahui, sejumlah oknum melakukan provokasi melalui pemasangan spanduk di asrama tersebut.

"Kemarin tak suruh nyopot, dari Pak Kapolda juga sudah dicopot. Kalau (spanduk) itu nanti bisa merangsang dan mengganggu perasaan orang kan tidak enak. Diajak ngobrol saja, saya sudah komunikasi dengan teman-teman kita dari Papua dan mereka oke-oke saja," ungkapnya.

Untuk menghindari terjadinya kerusuhan, Ganjar mengimbau kepada masyarakat Jawa Tengah untuk tidak memprovokasi. Ia juga meminta kepada semua pihak untuk mengedepankan komunikasi dan dialog untuk memecahkan permasalahan.

"Jangan memprovokasi, kita ngomong saja baik-baik. Kalau ada yang tidak benar didialogkan dan pemerintah siap fasilitasi," harapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.