Massa di Jayapura Turun ke Jalan, Polisi Ambil Langkah Persuasif

Oleh Lita2016 pada 19 Agu 2019, 10:07 WIB
Diperbarui 19 Agu 2019, 10:07 WIB
Massa Aksi di Manokwari
Perbesar
Aksi massa sudah terjadi sejak pukul 05.30 WIT. Massa memblokir sejumlah ruas jalan protokol di Manokwari, yakni di jakan Wosi, Yos Sudarso, Merdeka, Trikora, Wosi, Jalan Baru , Reremi, Esau Sesa. (Kabarpapua/ Litha)

Liputan6.com, Jayapura - Aktivitas warga di Waena dan Abepura, Kota Jayapura lumpuh total. Massa yang mengatasnamakan mahasiswa Papua turun ke jalan. Mereka marah dengan aksi penangkapan dan cacian yang dilakukan oleh sejumlah ormas terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

Aksi massa turun ke jalan di Kota Jayapura sampai saat ini masih terkonsentrasi di empat titik, yakni Lingkatan Abepura, Kampus Universitas Cenderawasih Abepura, Ekspo Waena, dan Taman Imbi yang terletak di jantung Kota Jayapura.

"Sejumlah jalan terhambat yakni arah ke jalan alternatif di Perumnas 3 Waena, lalu di Abepura. Kami masih terus melakukan langkah persuasif," kata Kaur Humas Polresta Jayapura, Iptu jahja Rumra, Senin (19/8/2019).

Pantauan Liputan6.com di Jayapura, sampai saat ini Jalan Abepura yang menjadi jalan satu-satunya ke Kabupaten Jayapura lumpuh oleh massa.

"Kami menempatkan 397 personel yg terlibat pengamanan demo hari ini. Semua masih kondusif," kata Rumra.

Sementara itu, di Manokwari, Papua Barat. Aksi massa sudah terjadi sejak pukul 05.30 WIT. Massa memblokir sejumlah ruas jalan protokol, yakni di jakan Wosi, Yos Sudarso, Merdeka, Trikora, Wosi, Jalan Baru , Reremi, Esau Sesa.

"Massa masih membakar ban dan memang jalan dengan kayu. Aktivitas Kota Manowkari sepi. Kami memilih bertahan di rumah," kata Ine, warga Wosi.

Massa juga ikut membakar Kantor DPR Papua Barat. Hingga kini, belum ada keteranagn resmi dari kepolisian setempat.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓