Semangat Pendaki Puncak Kebut Gelar Upacara Bendera Peringati HUT RI

Oleh Arfandi Ibrahim pada 17 Agu 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2019, 14:00 WIB
Para pendaki puncak Kebut Pegunungan Gorontalo (KPG) Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, menggelar upacara bendera memperingati HUT RI ke-74, Sabtu (17/8/2019) pagi tadi.
Perbesar
Para pendaki puncak Kebut Pegunungan Gorontalo (KPG) Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, menggelar upacara bendera memperingati HUT RI ke-74, Sabtu (17/8/2019) pagi tadi. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Gorontalo - Para pendaki puncak Kebut Pegunungan Gorontalo (KPG) Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, menggelar upacara bendera memperingati HUT RI ke-74, Sabtu (17/8/2019) pagi tadi.

Upacara yang diikuti oleh komunitas Pencinta Alam, Pramuka, Organisasi Mahasiswa, dan warga sekitar. Meski hanya mengunakan peralatan sederhana, upacara berjalan hikmat. Suara kicauan burung menjadi nada alam yang mengiringi selama upacara berlangsung. Terlebih saat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Upacara digelar tepat pukul 08.00 Wita. Meski digelar di lokasi jalan menanjak, upacara dilaksanakan seperti biasa, mulai dari menyajikan lagu Indonesia Raya hingga pembacan teks Proklamasi yang dibacakan oleh salah satu pendaki.

Menurut salah satu pendaki juga pelaksana upacara, Sahrul Abdullah mengungkapkan, bangga bisa melaksanakan upacara meski sederhana tapi sangat kami hayati dan berjalan dengan hikmat

"Dimana pun kita bisa laksanakan upacara dalam memperingati HUT RI ke-74. Tidak perlu mewah, meski sederhana tapi berlangsung dengan hikmat dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh," ungkapnya.

Sementara pendaki lain Rezcky Wartabone mengatakan, bahwa ia tidak menyangka jika di puncak ini ada upacara.

"Saya kaget saat keluar tenda sudah banyak pendaki yang berkumpul, jadi saya langsung buru-buru ikut dalam barisan," tutur Rezcky.

Ia menambahkan bahwa hal ini sangat bagus dan menjadi contoh bagi masyarakat, upacara bendera peringatan HUT RI ke-74 itu penting. "Dimana pun kita harus laksanakan itu, minimal memasang bendera sudah merupakan bentuk penghormatan," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: